Inilah Khasiat dan Manfaat Buah Leunca, Buah Ranti

Buah ranti atau buah leunca orang Sunda menyebutnya, ternyata mempunyai khasiat dan manfaat bagi kesehatan pria / wanita, ibu hamil, dan obat alami beberapa penyakit. Tanaman obat yang satu ini banyak orang sengaja menanamnya dikebun atau dipekarangan rumah untuk dikonsumi terutama untuk buat lalapan, karedok. atau mungkin dijadikan campuran jenis masakan lainnya.

Tanaman buah leunca mempunyai nama latin Solanum Nigrum L dengan taksonomi atau klasifikasi tumbuhan sebagai berikut :

Klasifikasi tanaman buah leunca / buah ranti

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Solanales
  • Family: Solanaceae
  • Genus: Solanum
  • Spesies: S. nigrum
khasiat manfaat buah leunca buah ranti

Ciri-ciri tanaman buah leunca secara umum yaitu tinggi pohon berkisar 30 sampai 175 cm dan mempunyai banyak cabang. Letak daunnya berseling, berkelompok, bentuk bulat telur, ujung dan pangkal meruncing, tepi berombak sampai rata. Bunga majemuk, jumlahnya 2-10 kuntum, warna putih atau lembayung. Bunga majemuk malai, jumlahnya 2-10 kuntum, warna putih atau lembayung. Buahnya sendiri berbentuk bulat dengan diameter 0,8 hingga 1 cm, terdapat dalam tandan, berwarna hijau ketika masih muda dan berubah menjdi ungu kehitaman atau hitam ketika sudah masak, berkilap, berisi banyak biji. Rasanya renyah, sedikit, dan agak langu.

Berbicara mengenai manfaat sehat, tentu erat kaitannya dengan kandungan sehat dan berguna didalamnya (zat gizi).Adapun kandungan leunca ini diantaranya ada Glikoalkaloid solanin, Solasonin, Solamargin, Solasodin, Solanidin, Diosgenin, Tigogenin, Atropin, Saponin, Zat samak, Minyak lemak, Kalsium, Fosfor, Zat besi, Vitamin A dan C.

Dibawah ini adalah manfaat dan khasiat buah leunca atau buah ranti bagi kesehatan dalam mengobati beberapa penyakit secara alami menggunakan ramuan obat herbal dan tradisional.

Manfaat dan khasiat leunca atau buah ranti untuk kesehatan

Keputihan
Untuk mengobati keputihan anda cukup sediakan 30 gram daun leunca, 30 gram bunga putih jengger. Rebus semuda bahan dengan 3 gelas hingga tersisa 1 gelas. Minum ramuan secara rutin sehari 2 kali sehari

Radang Kulit
Caranya sediakan 60 gram herba segar atau 30 gram herba kering digodok dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas dan minum sehari 2 kali.

Infeksi saluran kencing
Sedikan 30gram luenca, 30 gram rumput lidah ular, dan 30 gram meniran. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas dan minum sebanyak 3 kali sehari (masing-masing 1 gelas)

Biduran atau Kaligata
Tumbuk atau lumatkan tanaman leunca, kemudian digosokkan ke bagian yang tubuh yang biduran hingga warna kulit menjadi hijau sebanyak 2-3 kali dalam sehari

Mata kering
Caranya cukup mudah yaitu konsumsilah 15 buah leunca segar sehari 3 kali.

Disentri
Siapkan 50-60 gram daun leunca segar dan 25 gram gula putih. Rebus bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

Demikianlah artikel info mengenai manfaat dan khasiat tanaman obat leunca, semoga informasi bisa menambah pengetahuan anda
Advertisement

0 Komentar untuk "Inilah Khasiat dan Manfaat Buah Leunca, Buah Ranti"