Khasiat dan Manfaat Buah Nona atau Srikaya

Buah Nona atau lebih populer disebut buah Srikaya mempunyai manfaat dan khasiat penting bagi kesehatan yang informasinya akan saya ulas dalam postingan kali ini.Namun sebelum melihat lebih jauh akan manfaat sehatnya, lebih baik kita mengenal sekilas tanaman buah nona tersebut.

Buah nona atau srikaya mempunyai nama latin Annona reticulate dengan taksonomi dan klasifikasinya tumbuhan sebagai berikut.

Khasiat Manfaat Buah Nona Srikaya

Klasifikasi buah nona / buah srikaya
  • Kingdom : Plantae
  • Divisio : Spermatophyta
  • Subdivisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledoneae
  • Ordo : Annonales
  • Famili : Annonaceae
  • Genus : Annona
  • Spesies : Annona squamosa L.
Buah nona adalah tumbuhan yang dapat hidup di tanah kering, berbatu dan mendapat sinar matahari secara langsung. Tanaman yang satu ini  konon berasal dari Hindia Barat dan banyak tumbuh di benua Amerika terutama dibagian Tengah dan Selatan. Buah ini juga tumbuh di Asia tropis diantaranya Thailand, Malaysia, termasuk negara tercinta kita ini yaitu Indonesia. Di Indonesia, tanaman srikaya umumnya ditanam di pekarangan, dibudidayakan ataupun tumbuh secara liar, dan bisa ditemukan sampai ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut.
  • Ciri ciri pohon srikaya (nona) yaitu tanaman atau tumbuhan berjenis perdu dengan tinggi pohonnya sekitar 2-7 meter, kulit pohonnya tipis, kulit batang memiliki warna coklat muda, dan berbuah setelah berumur 3-5 tahun
  • Ciri ciri daun tanaman srikaya yaitu bertangkai, kaku, dan letaknya berseling. Helaian daunnya memiliki bentuk lonjong sampai jorong menyempit, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, panjang 6-17 cm, lebar 2,5-7,5 cm, permukaan daun warnanya hijau, bagian bawah hijau kebiruan, tulang daun menyirip.
  • Ciri ciri bunga srikaya yaitu berada pada cabang muda yang umumnya dalam rangkaian 2-4 kuntum, panjangnya mencapai 2,5 cm dan warnanya hijau kuning.
  • Sedangkan ciri ciri Buah srikaya yaitu berbentuk bola atau kerucut dan memiliki permukaan yang berbenjol-benjol, warnanya hijau berserbuk putih, dan ukuran penampang 5-10 cm.  Ketika buah masak, anak buah akan memisahkan diri satu dengan lainnya. Warna kulit buah hijau kebiru-biruan atau hijau kekuningan, sedangkan daging buah berwarna putih dan rasanya manis. Biji pada buah masak berwarna hitam mengkilap.
Berbicara mengenai manfaat sehat, tentu erat kaitannya dengan kandungan gizi / zat penting yang ada didalamya. Adapun kandungan kimia buah srikaya ini diantaranya :

Kandungan buah srikaya
flavonoid, borneol, kamphor, terpene, dan alkaloid anonain, asam amino, gula buah, dan mucilago. Pada buah muda mengandung tannin.

Kandungan akar srikaya
saponin, tanin, dan polifenol

Kandungan biji srikaya
poliketida dan suatu senyawa turunan bistetrahidrofuran, asetogenin, asam lemak, asam amino dan protein

Dan berikut ini adalah beberapa nama penyakit yang dapat dicegah maupun diobati secara alami dengan ramuan tradisional berbahan dasar srikaya atau buah nona. Intinya manfaat yang didapat untuk kesehatan.

Mengatasi cacingan pada anak
Caranya cukup sediakan 15 lembar daun srikaya yang telah cuci bersih. Kemudian rebus dalam 5 gelas air dan diamkan hingga tersisa 3 gelas. Angkat dan diamkan hingga dingin, lalu saring dan minum 3 kali sehari dengan porsi 1 gelas setiap minum.

Mengobati bisul dan borok
Untuk mengobati bisul atau borok anda tinggal sediakan daun srikaya yang telah dicuci bersih. Tumbuk daun tersebut hingga halus dan beri sedikit garam.Cara penggunaannya yaitu tempelkan pada bagian kulit yang terkena penyakit. Diamkan hingga ekering dan ganti 2-3 kali sehari.

Mengatasi Gangguan pencernaan

Usapkan pada perut yang sakit tumbukan daun srikaya yang dicampur sedikit minyak kelapa

Mengobati Diare
Iris kecil kulit batang buah srikaya lalu rebus menggunakan 4 gelas air dan tambahkan gula merah, biarkan mendidih hingga tersisa tinggal 2 gelas. Setelah dingin saring dan minum air rebusan sebanyak 2 kali sehari.

Mematangkan bisul
Supaya bisul cepat matang agar segera meletus. Anda cukup sediakan daging buah srikaya yang telah masak kemudian giling halus dan tambahkan sedikit garam.Tempelkan adonan pada bisul yang anda derita

Pingsan dan sebagai obat penenang
Siapkan daun srikaya secukupnya lalu cuci bersih dan tumbuk hingga halus. Kemudian dekatkan tumbukan tersebut pada hidung si penderita supaya aromanya tercium oleh si penderita tersebut.

Mengatasi Kudis
Anda cukup sediakan 15 lembar daun srikaya, cuci dan tumbuk hingga halus. Campur dengan sedikit kapur sirih sambil diremas-remas lalu gosokkan pada kulit yang kudisan. Lakukan secara rutin sebanyak 2 kali sehari sampai sembuh

Mengatasi kutu dikulit kepala
Cukup siapkan 10 butir biji buah srikaya dan daun nya kurang lebih 1 genggam. Tumbuk kedua bahan tersebut dan tambahkan sedikit minyak kelapa sambil diaduk sampai merata. Cara penggunaannya yaitu tempelkan adonanm pada kepala dan bungkus dengan kain atau handuk. Diamkan hingga kurang lebih 3 jam kemudian cuci hingga bersih.  Namun hati-hati jangan sampai air bilasan masuk ke dalam mata sebab bisa mengakibatkan peradangan dan iritasi.

Nah itulah artikel mengenai khasiat dan manfaat buah nona atau buah srikaya untuk kesehatan. Semoga informasinya menambah pengetahuan anda, Sebagai info tambahan saja, bahwa rebusan biji, akar, dan kulit srikaya ternyata mengandung racun. Jika ingin digunakan untuk pengobatan herbal perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya yang sudah berpengalaman
Advertisement

0 Komentar untuk "Khasiat dan Manfaat Buah Nona atau Srikaya"