Beberapa Khasiat dan Manfaat Tanaman Pecut Kuda (Jarong)

Tanaman pecut kuda mempunyai khasiat serta manfaat bagi kesehatan terutama dalam mencegah dan mengobati beberapa penyakit secara alami (herbal) seperti Keputihan, Hepatitis, Peluruh kencing, serta Pembersih darah. Banyaknya manfaat tersebut tentu tidak terlepas dari kandungan penting didalamnya contohnya saja ada flavonoid, alkaloid, dan juga glikosida.

Pecut kuda, begitulah orang-orang menamai tumbuhan ini. Entah karena bentuknya mirip pecutan kuda atau mungkin dulu digunakan sebagai alat memecut kuda? entahlah saya juga kurang tahu. Yang jelas pecut kuda ini termasuk tanaman liar yang habitat atau tempat tumbuhnya biasa di hutan atau tempat-tempat yang belum terjamah manusia, dan ditempat saya sendiri Pecut Kuda ini disebut tanaman Jarong atau ada juga yang menyebutnya daun Sangketan. Namun sebelum saya ulas mengenai kegunaan dari tanaman Pecut Kuda ini, lebih kita mengenal sekilas tanamannya,

khasiat manfaat tanaman pecut kuda, jarong, daun sangketan

Pecut kuda atau Jarong adalah tanaman obat dengan nama latin Stachytarpheta jamaicensis. Klasifikasinya yaitu sebagai berikut :

Klasifikasi Tanaman Pecut Kuda
  • Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas : Asteridae
  • Ordo : Lamiales
  • Famili : Verbenaceae
  • Genus : Stachytarpheta
  • Spesies : Stachytarpheta jamaicensis (L.) Vahl
Ciri - ciri tanaman pecut kuda ini yaitu berdiri tegak dengan tinggi antara 20 sampai dengan 90 cm, berdaun tunggal, dan bertangkai. Setiap helai daunnya berbentuk bulat telur, pangkal menyempit, ujung runcing, tepi bergerigi, permukaan berlekuk-lekuk, panjang 4-8 cm, lbar 3-6 cm, berwarna hijau tua. Bunga tanaman ini berbentuk kecil yang panjangnya antara 1 hingga 20 cm, berwarna ungu atau putih, serta bentuknya mirip pecutan kuda. Mungkin dari sinilah awal orang-orang menamai tanaman ini dengan sebutan tersebut. Tak ketinggalan, tanaman ini pun mempunyai buah yang berbentuk garis, didalamnya terdapat 2 biji yang berbentuk jarum serta berwarna hitam.

Nah dibawah ini ada beberapa penyakit yang dapat diobati maupun dicegah secara alami dengan menggunakan tanaman Pecut Kuda, tentu saja dengan dibuat ramuan tradisional. Bagian yang dapat digunakannya dari mulai daun, bunga, maupun akar.

Mengatasi Keputihan
Nah bagi kaum perempuan yang sering mengalami keputihan, bisa mencoba menggunakan tanaman Pecut Kuda. Caranya, anda cukup sediakan 50 gram irisan akar tanaman ini yang telah dicuci bersih. Kemudian rebus menggunakan 3 gelas air bersih dan diamkan hingga tersisa tinggal 1 gelas. Setelah dingin lalu saring dan minum secara rutin pada pagi dan sore hari. (1 gelas untuk 2 kali minum)

Mengobati Rematik dan Amandel
Sama seperti cara diatas yaitu dengan menggunakan akar, dan rebus menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Cara pemakaiannya pun sama yakni diminum 2 kali sehari.

Mengobati Hepatitis A
Untuk mengobati hepatitis, anda cukup sediakan 5-10 tangkai bunga pecut kuda dan cuci hingga bersih. Iris-iris bunga tersebut dan rebus dengan 3 gelas air ditambah gula batu hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin kemudian saring dan minum air rebusan secara rutin setiap hari sampai penyakit hepatitis anda sembuh. Namun ramuan tersebut jangan diberikan pada orang hamil karena dapat menyebabkan keguguran.

Mengobati Batuk dan Radang Tenggorokan
Untuk mengatasi penyakit ini, anda tinggal sediakan  50gram herba pecut kuda segar, 2 buah kencur ukuran sedang, 2 siung bwang putih. Cuci bersih semua bahan lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1/2 cangkir air gula sambil diaduk rata, peras dan saring airnya. Minum ramuan sebanyak 3 kali sehari selama 3-5 hari.

Nah itulah beberapa manfaat dan khasiat tanaman bunga Pecut Kuda. Semoga informasinya dapat menambah pengetahuan anda.
Advertisement

0 Komentar untuk "Beberapa Khasiat dan Manfaat Tanaman Pecut Kuda (Jarong)"