16 Khasiat dan Manfaat Buah Takokak / Terung Pipit

Hai sobat SS, dalam postingan kali ini saya akan mengulas mengenai manfaat dan khasiat tanaman buah takokak atau terung pipit bagi kesehatan khususnya dalam mencegah dan mengobati beberapa penyakit secara alami menggunakan ramuan obat herbal / tradisional. Ya sebut saja misalnya untuk mengobati mata minus dari yang pernah saya baca.Tanaman obat takokak (terung pipit) sangat mudah sekali kita temukan terutama jika anda tinggal dipedesaan, banyak orang yang sengaja menanamnya dikebun untuk diambil buahnya sebagai lalapan atau sayuran.

Tanaman buah takokak (terung pipit) mempunyai nama latin Solanum Torvum Swartz dengan taksonomi atau klasifikasinya tumbuhan sebagai berikut.

Klasifikasi Takokak / Terung Pipit
  • Kingdom : Plantae
  • Ordo : Solanales
  • Famili : Solanaceae
  • Genus : Solanum
  • Spesies : S. torvum
  • Nama binomial : Solanum torvum - Sw.
khasiat manfaat buah takokak terung pipit

Ciri-ciri tanaman buah takokak secara umum yaitu pohonnya kecil  dengan tinggi dapat mencapai 3 meter dan bahkan lebih, batangnya dipenuhi rambut dan duri, daunnya bercangap dan permukaannya ditutupi rambut tipis yang agak rapat, mahkota bunganya berwarna putih dengan jumlah lima buah, kepala sari besar dan tegak menutupi putiknya, sedangkan buah sendiri berwarna hijau ketika masih muda dan berubah menjadi kuning  setelah masak, berbentuk bulat dengan diameter rata-rata 1 cm.

Kandungan tanaman buah takokak (zat kimia penting) : dalam buah yang masih mentah terkandung chlorogenin, sisalogenone, torvogenin, vitamin A, ditambah solasonin bagi yang sudah kering. Pada daunnya terkandung neo – chlorogenine, dan panicolugenin, sedangkan pada akarnya sendiri terkandung jurubine.

Dan dibawah ini adalah manfaat dan khasiat buah takokak (terung pipit) bagi kesehatan dalam mengobati beberapa penyakit secara alami

Bisul
Untuk mengobati penyakit kulit yang satu ini anda cukup sediakan daun takokak segar secukupnya yang telah dicuci bersih. Giling halus daun tersebut lalu tempelkan ada bagian kulit yang terkena bisul. Lakukan secara teratur sebanyak 3 kali sehari. 

Radang p*yudara
Caranya tumbuh hingga halus dan takokak yang telah dikeringkan di tambah cuka beras putih secukupnya. Ramuan dibalurkan pada bagian yang sakit secara teratur 2 kali sehari. 


Wasir atau ambeien
Bahan yang anda siapkan yaitu 30 gram buah takokak, 10 gram temu hitam, 30 gram daun dewa. Rebus semua bahan menggunakan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, setelahi itu saring dan minum air rebusan ketika masih hangat. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.

Asam urat
Sediakan buah takokak muda secukupnya, 100 gram nanas, udang, rebon kecil. Tumis semua bahan untuk dikonsumsi secara secara teratur. 

Flu 
30 gram buah takokak, 15 gram jahe direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, diminum airnya secara teratur. Lakukan 2 kali sehari. 

Jantung berdebar
6 lembar daun takokak, 10 gram kunyit yang telah dicuci bersih dihaluskan, tambahkan 100 cc air matang lalu dimasak hingga mendidih, tambahkan madu secukupnya lalu diminum.

Melancarkan peredaran darah
Caranya yaitu sediakan 30 gram buah takokak, 20 gram daun dewa. Rebus semua bahan dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc lalu disaring dan diminum airnya secara teratur setiap hari.


Penyakit Lever
Sediakan 60 gram tumbuhan takokak lalu rebus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc. Saring dan  minum air ketika masih hangat

Tulang keropos
Sediakan 100 gram takokak, 100 kacang kedelai, dantahu secukupnya. Semua bahan dibuat masakan sesuai selera untuk konsumsi secara teratur

Pembengkakan atau menetralkan racun dalam tubuh
Sediakan 30 gram buah takokak, 20 gram daun dewa. Rebus semua bahan dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc lalu disaring, diminum airnya secara teratur 2 kali sehari. 

Sakit pinggang
Anda cukup sediakan 30 gram takokak, 30 gram akar sawi langit, 20 gram temulawak, 15 gram jahe. Rebus semua bahan dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu disaring dan diminum airnya secara teratur 2-3 kali sehari. 

Pinggang kaku, bengkak terpukul
Rebus 10–15 gram akar kering takokak dengan 4 gelas air sampai menjadi dua gelas dinginkan, saring, minum 2 kali 1 gelas. 

Sakit lambung
Caranya sama seperti pinggang kaku diatas

Batuk kronis
Akar kering 10 – 15 gram direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi dua gelas dinginkan, saring, minum 2 kali 1 gelas. 

Jantung berdebar (tachycardia)
Sediakan 6 lembar daun takokak dan setengah jari rimpang kunyit yang telah dicuci bersih. Tumbuk halus semua bahan, tambahkan setengah cangkir air masak dan 1 sendok makan madu. Diperas dan disaring minum sehari 2 kali.


Demikianlah artikel mengenai manfaat dan khasiat buah takokak / terung pipit, semoga informasinya bisa menambah pengetahuan anda dibidang tanaman

0 Komentar untuk "16 Khasiat dan Manfaat Buah Takokak / Terung Pipit"