Teknik / Cara Menanam (Budidaya) Tanaman Kantong Semar

Untuk menanam (budidaya) tanaman hias kantong semar diperlukan teknik dan cara yang benar agar hasil yang didapat bisa membuat anda bangga. Kantong semar dengan nama latin Nepenthe adalah tumbuhan mempunyai bentuk bunga sangat unik sehingga banyak orang yang mengkoleksinya untuk dijadikan penghias taman atau ruangan rumah. Kantong semar merupakan salah satu tanaman langka karena masih sedikit orang yang membudidayakannya, ketika butuh orang akan langsung mengambilnya di habitat asli (hutan) untuk kemudian dijual, sedangkan populasinya kian berkurang dan katanya ada beberapa spesies yang saat ini yang terancam punah. Maka tidak heran tanaman hias ini mempunyai harga jual yang cukup tinggi sehingga memunculkan peluang usaha budidaya kantong semar.

Nah jika anda berminat untuk membudidayakan tanaman kantung semar untuk ladang bisnis ataupun hanya untuk keperluan sendiri dirumah, silahkan simak beberapa poin penting berikut ini,

Teknik Cara Menanam atau Budidaya Tanaman Kantong Semar


Media tanam kantong semar
Media tanam kantong semar bisa berupa tanah ataupun sekam bakar yang lembab. Media penanaman tidak perlu terlalu padat namun juga tidak boleh kelebihan air atau mengalami kekeringan. Media yang digunakan dengan menyampurkan media seperti cocopeat serta sekam bakar. Perbandingannya yaitu 1:1. Namun agar mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda bisa menaruh tanaman ini di tempat yang memiliki 50 hingga 80 persen paparan sinar matahari.

Perkembangbiakan kantong semar
Cara perkembangbiakan dan memperbanyak tanaman kantong semar bisa melalui biji atau bisa juga melalui stek batang dengan cara memotong batang sekitar 15 cm dari indukan yang telah berumur kurang lebih 1 tahun.

Nutrisi tanaman
Karena tanaman ini termasuk karnivora yang dapat menangkap serangga menggunakannya kantong uniknya. Maka nutrisi untuk tumbuhtanaman tersebut berasal dari situ sehingga tidak memerlukan pupuk yang banyak. Cukup seperlunya saja

Pemilihan jenis
Kantong semar tidak hanya memiliki sebuah jenis. Tanaman ini memiliki kurang lebih 130 spesies. Spesies yang sangat sering dikembangkan seperti Mirabilis, Nepenthes Gracilis, Reinwartiana. Spesies ini sangat sering dikembangkan dikarenakan memiliki warna serta bentuk yang sangat menarik, jika di bandingkan dengan berbagai jenis lainnya.

Perawat tanaman kantong semar
Cara merawat kantong semar setelah melakukan penanaman diantaranya hindarkan tanaman dari paparan sinar matahari yang terlalu banyak, Lakukan penyiraman secara teratur, jangan biarkan media tanam terlalu kering dan terlalu basah, Taruh di dalam pot yang berukuran sedang, saat pembibitan, Anda bisa menaruhnya di polybag kemudian ketika tanaman mulai tumbuh, Anda bisa memindahkannya di dalam pot yang berukuran sedang. Pemindahan ke dalam pot saat tanaman telah memiliki 3 hingga 4 daun.


Nah itulah sedikit artikel mengenai teknik atau cara menanam (budidaya) tanaman kantong semar. Semoga informasi diatas bisa menambah pengetahuan anda karena peluang usaha budidaya kantong semar sangat menjanjikan.
Advertisement

0 Komentar untuk "Teknik / Cara Menanam (Budidaya) Tanaman Kantong Semar"