Mencuci Beras Yang Benar Agar Gizinya Tidak Hilang

Mungkin jika saya jabarkan maksud dari judul postingan ini yaitu cara mencuci beras putih atau beras merah yang baik dan benar sebelum dimasak, supaya kandungan gizinya tidak hilang dan kita bisa mendapatkan manfaat sehat dari berbagai vitamin didalamnya.

Sebenarnya ketika anda mencuci beras janganlah sampai bersih hingga air cuciannya menjadi bening, karena itu sama saja anda membuang semua vitamin B yang ada didalamnya. Menurut penelitian yang dilakukan sejumlah dosen program Boga dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) cara baik mencuci beras yaitu cukup dengan dua kali pencucian dan paling banyak cukup tiga kali itupun cuma dibilas dengan air. Dan dari hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa kandungan vitamin B1 yang ada pada beras sebelum dicuci sekitar 0,2850 miligram.

Cara mencuci beras agar kandungan gizinya tidak hilang

Ketika melakukan pencucian 1 kali maka Vitamin B1 berkurang menjadi 0,2475, kemudian pencucian kedua Vitamin B1 berkurang menjadi 0,1765 mg, sedangkan pada pencucian ketiga vitamin B1 tersebut hanya tersisa 0,1560.

cara mencuci beras agar kandungan gizinya tidak hilang

Jadi sangat disayangkan bukan, padahal kebutuhan Vitamin B perhari pada manusia harus selalu terpenuhi. Misalnya saja pada pria dewasa kebutuhan perharinya sebesar 1,22 mg  sedangkan pada wanita yaitu sebesar 1,03 mg. Karena sering kurangnya asupan Vitamin B tersebut, maka berpeluang juga terjadinya gangguan metabolisme karbohidrat, bahkan mengakibatkan berbagai penyakiy contohnya beri-beri.

Dan dalam mencuci beras pun tidak perlu digosok-gosok dengan keras, cukup gosok ringan saja maka kotoran pun akan keluar dengan sendirinya.

Nah setelah anda mengetahui bagaimana cara mencuci beras yang baik dan benar tersebut, maka anda pun sekarang bisa mendapatkan manfaat penuh dari kandungan gizi didalamnya. 
Advertisement

0 Komentar untuk "Mencuci Beras Yang Benar Agar Gizinya Tidak Hilang"