Tips / Cara Menanam (Budidaya) Bunga Lily

Ada teknik yang harus anda ketahui sebelum memutuskan menanam atau budidaya bunga lily agar hasil yang didapat sesuai dengan apa yang diharapkan. Seperti kita tahu Bunga lily adalah salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer di Indonesia dan merupakan salah satu ikon khas dari beberapa negara di dunia. Bunga ini memiliki berbagai macam warna dari mulai putih, merah, orange, kuning, ungu, sampai dengan biru. Namun yang paling populer diantara beberapa warna tersebut adalah warna putih.

Sebenarnya bunga lily sangat mudah untuk anda budidayakan karena tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di berbagai lingkungan seperti hutan, rawa-rawa, pegunungan, maupun pekarangan rumah. Bagi mereka yang senang berbisnis tanaman hias, berlomba-lomba untuk membudidayakan tanaman ini karena profit yang dihasilkan dari bisnis bunga ini tidak kalah menguntungkan dari jenis bunga lainnya yang sama mempunyai harga jual tinggi.

Nah jika anda tertarik untuk membudidayakan tanaman bunga lily, misalnya untuk keperluan pribadi dalam menghiasi taman rumah silahkan simak terlebih dahulu langkah-langkahnya berikut ini.

Pembibitan
Untuk mendapatkan bibit bunga lily yang berkualitas anda bisa peroleh dari umbi induk yang sudah berumur dan berkualitas juga. Sebelum anda tanam sebaiknya bibit direndam terlebih dahulu selama 12  hingga 24 jam dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan tunas dari umbi yang akan ditanam. Sebelum ditanam, bibit juga harus melalui tahap penyemaian.

Penanaman
Jika bibit telah selesai disemai anda bisa langsung menanamnya di kebun atau polybag (pot). Yang paling penting tanah harus campuran pasir, pupuk organik (kompos atau pupuk kandang) dengan takaran 1 banding 1.
Lakukan pemindahan bibit dari tempat penyemaian ke media tanam dengan hati-hati agar tidak merusak tanaman. Lakukan penyiraman secara teratur pada sore hari agar bibit cepat tumbuh dan tidak layu.

Perawatan
Untuk perawatan tanaman anda  anda cukup melakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari. Namun saat melakukan penyiraman jangan sampai terlalu lembab agar tidak menyebabkan tanaman menjadi busuk. Selain itu lakukan pemberian pupuk secara berkala untuk memenuhi asupan nutrisi tanaman.


Nah itulah sedikit artikel mengenai teknik atau cara menanam (budidaya) bunga lily. Semoga informasinya bisa bermanfaat,
Advertisement

0 Komentar untuk "Tips / Cara Menanam (Budidaya) Bunga Lily"