Cara Menanam Wortel Yang Baik, Bagus, dan Benar

Teknik / cara menanam wortel yang baik dan benar ini perlu anda simak apalagi jika berencana untuk melakukan budidaya pada tanaman tersebut, entah untuk keperluan sendiri ataupun untuk dijadikan lahan bisnis yang nantinya hasil panen dapat dijual kepasar. Sebenarnya cara menanam wortel sama dengan menanam jenis sayuran pada umumnya, namun ada beberapa teknik khusus agar hasil umbi yang didapat bagus dan memuskan.

Sebelum melakukan budidaya tanaman wortel, langkah pertama tentu yang harus anda siapkan yaitu bibit / benih. Anda bisa membelinya di toko pertanian, atau bisa juga menanam wortel dari umbi langsung yang telah anda pilih dengan kualitasnya yang bagus. Langkah selanjutnya yaitu menentukan dimana anda akan menanam wortel tersebut, mau di lahan yang luas ? atau hanya di halaman rumah dengan menggunakan pot / polybag, silahkan anda tentukan sendiri. Yang penting jenis tanah untuk menanam wortel selalu gembur dan tidak mudah padat. Kalau ingin dilahan luas, sebaiknya buatlah bedengan terlebih dahulu dengan ukuran lebar 120-150 cm, tinggi 30-40 cm, jarak antar bedengan yaitu 50-60 cm dan panjang disesuaikan juga dengan keadaan lahan. Jika tahapan ini telah siap, berikutnya tinggal lanjutkan ke tahap lainnya, beberapa diantarannya yaitu sebagai berikut.

Cara Menanam Wortel


teknik budidaya cara menanam wortel yang baik bagus benar di pot polybag halaman rumah dataran rendah


Penyemaian benih / bibit
Bibit wortel dapat langsung anda semai pada media tanam secara merata di bedengan dengan jarak tiap tanamannya yaitu 3-5 cm. Benih wortel akan mulai berkecambah pada usia ke 8-12 hari.

Pemeliharaan Tanaman
Dalam tahap pemeliharaan tanaman wortel, beberapa yang harus anda lakukan diantaranya.
  • Penyiangan
  • Pembubunan
  • Pemupukan
  • Pengairan / penyiraman yang teratur
Karena ada fase awal pertumbuhannya tanaman wortel memerlukan air yang memadai, maka harus dilakukan penyiraman secara rutin minimal 1-2 kali sehari, apalagi jika kebetulan sedang musim kemarau. Pemupukan tanaman wortel dilakukan secara merata kedalam lubang tanah dengan kedalaman 5-10 cm dari batang wortel, kemudian setelah itu ditutup dengan tanah dan disiram hingga agak basah. Untuk jenis pupuk yang digunakannya yaitu urea / ZA, dan lakukanlah penyiangan tanaman setelah berumur 1 bulan bersamaan dengan waktu pemupukan lanjutan.

Pembasmian Hama dan Penyakit
Hama yang biasanya menyerang tanaman wortel kutu daun, lalat, dan ulat tanah. Sedangkan jenis penyakitnya seperti akar yang berbentil hingga busuk serta bercak daun. Cara mengatasinya bisa dengan menggunakan Insektisida Furadan yang banyak dijual di toko pertanian atau biasa juga dengan menggunakan cairan semprot Hostathion 40 EC dengan dosis sesua aturan,

Masa Panen
Setelah hari ke 100 terhitung sejak masa tanam, biasanya wortel sudah bisa anda panen. Cara memanennya cukup dengan mencabut seluruh tanaman beserta umbi dan akarnya. Tapi jika tanahnya keras, bisa dengan digemburkan dahulu agar pencabutannya lebih mudah. Ketika masa panen tiba, sebaiknya jangan ditunda-tunda atau bahkan terlambat karena umbi wortel akan semakin mengeras.

Nah itulah sedikit artikel mengenai teknik / cara budidaya (menanam) wortel yang baik, bagus, dan benar. Semoga informasinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda dibidang budidaya tanaman tersebut.
Advertisement

0 Komentar untuk "Cara Menanam Wortel Yang Baik, Bagus, dan Benar"