Cara Pemijahan / Memijahkan Ikan Nilem Yang Baik

Teknik / cara pemijahan (memijahkan) ikan nilem secara alami maupun buatan, tujuannya sama saja yaitu tiada lain untuk mengawinkan antara induk ikan jantan dengan betina supaya menghasilkan bibit - bibit yang baru. Ikan nilem harus dipijahkan pada kolam pemijahan dengan pemasukan air yang cukup deras. Untuk keberhasilan pembenihan ikan ini, diperlukan kolam yang sedikit berbeda dengan kolam pemijahan ikan lainnya, sebut saja ikan mas dan tawes. Ada 3 teknik / cara pemijahan ikan nilem secara alami maupun buatan yang biasa dilakukan masyarakat khususnya oleh mereka para peternak ikan, diantaranya sebagai berikut.

teknik cara pemijahan memijahkan mengawinkan pembenihan pembibitan ikan nilem

Cara Tarogong
Kolam pemijahan tersendiri dengan kolam penetasan. Pada sudut kolam pemijahan terdapat bagian yang dangkal yang biasanya disukai oleh ikan nilem untuk memijah. Pada bagian ini ditanam rumput dan bagian atasnya ditutupi dengan daun kelapa sebagai peneduh. Pada bagian bawah kolam pemijahan terdapat kolam penetasan telur dengan dasarnya berpasir dan ukurannya juga lebih kecil.

Cara Galunggung
Cara ini menggunakan kolam pengendapan untuk memperolah air yang jernih pada kolam pemijahan maupun kolam penetasan. Kolam penetasan dibuat lebih lebar agar kapasitas telur lebih banyak dan untuk menyebarkan telut agar merata. Pada saluran pemasukan dari kolam pemijahan ke kolam penetasan dibuat bagian yang lebih tinggi dengan cara ditembok atau dibatu.

Cara Magek
Cara magek merupakan kolam pemijahan yang kecil untuk memperolah aliran air yang deras. Sedangkan kolam penetasan dibuat lebih lebar untuk mendapatkan hasil penetasan telur yang maksimal

Nah itulah artikel mengenai cara atau teknik pembenihan (pembibitan) ikan nilem melalui proses memijahkan / pemijahan. Semoga informasinya bermanfaat dan menambah pengetahuan anda dibidang budidaya hewan.
Advertisement

0 Komentar untuk "Cara Pemijahan / Memijahkan Ikan Nilem Yang Baik"