Cara Memperbaiki LCD HP Yang Blank, Hitam, Mati Total

Apapun merk hp anda entah itu Samsung, Nokia, Asus, Sony, ataupun merk lainnya bisa mengalami kerusakan komponen khususnya yang akan saya bahas kali ini dibagian LCD seperti blank, hitam, atau mati total. LCD blank atau layar tidak dapat merespon saat ponsel diaktifkan, sebenarnya kerusakan semacam ini bisa disebabkan oleh 2 hal, yang pertama dari sisi hardware dan yang kedua bisa juga dari sisi software. Jadi disini anda harus jeli, kira - kira yang mana penyebab LCD hp anda sampai bisa begitu.

Untuk membedakan penyebabnya cukup gampang, coba anda masukkan simcard yang masih aktif kedalam ponsel yang LCD nya blank lalu nyalakan seperti biasa. Lakukan pemanggilan pada nomor simcard yang dimasukan tersebut menggunakan ponsel lain. Nah apabila ponsel dapat dihubungi (terdengar ada nada panggilan) berarti gangguan LCD dsebabkan oleh kerusakan hardware. Cara servis / memperbaiki dari kedua kasus tersebut sangatlah berbeda, berikut ini langkah demi langkahnya.

Cara Memperbaiki LCD HP Blank Hitam Mati Total Rusak


Memperbaiki LCD HP karena hardware


  • Coba anda bersihkan koneksi antara LCD dan pads PCB ponsel (plat konektor, kabel fleksibel, rubber contact, dan soket LCD) menggunakan cotton bud dibasahi dengan cairan pemnersih IPA
  • Apabila tidak berhasil, dipastikan LCD rusak dan harus diganti dengan yang baru

Memperbaiki LCD HP karena software

Apabila LCD blank karena kerusakan software, lakukan flash ulang data ponsel menggunakan repair box atau aplikasi lainnya yang sesuai dengan jenis ponsel anda. Solusi re-flash pada ponsel LCD blank dapat mengembalikan kondisinya menjadi 90% normal kembali.


Itulah sedikit info mengenai cara memperbaiki LCD HP. Jika anda mempunyai keberanian untuk membongkar hp dan memiliki peralatan servis yang memadai tidak ada salahnya juga untuk mencoba.

2 Komentar untuk "Cara Memperbaiki LCD HP Yang Blank, Hitam, Mati Total"

pinset mengatakan...

perlu ganti lcd ya kalau misalnya dengan cara ini masih tidak bisa??
pinset

blower infrared mengatakan...

makasih min artikelnya ini, bermanfaat sekali...
blower infrared