Nama Komponen HP beserta Fungsinya (Bagian Pasif)

Komponen HP (handphone) / ponsel sebenarnya ada 3 macam, yaitu komponen pasif, komponen aktif, serta komponen pendukung. Namun yang saya bahas dalam postingan kali ini di mulai dari komponen pasif terlebih dahulu, untuk yang lainnya nanti menyusul dilain kesempatan.

Komponen pasif ini merupakan suatu komponen yang akan bekerja ketika hanya diberikan energi listrik serta bisa mengeluarkan kembali energi tersebut dalam waktu tertentu, yang artinya memiliki batasan periode. Adapun bebarapa nama hardware ponsel yang termasuk komponen ini adalah sebagai berikut.

Daftar Nama Komponen HP dan serta Fungsinya


Komponen HP Bagian Pasif


Resistor

Komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk mengatur daya pada rangkaian serta sifatnya melawan arus listrik, dengan artian bisa mengatur arus dan tegangan pada suatu rangkaian. Menurut fungsinya, resistor pada pada hp / ponsel dibagia menjadi 2, yang pertama pengatur daya sedangkan yang kedua sebagai sekering (fuse). Kompnen ini jarang sekali mengalami kerusakan, hanya saja sering terlepas dari patrian di PCB ponsel.

Kapasitor

Komponen memiliki fungsi untuk menyaring, menyimpan sementara, serta mengeluarkan arus DC apabila dibutuhkan. Komponen ini sifatnya dapat dimuati arus listrik, kemudia melepaskan kembali muatannya sesuai dengan periode tertentu. Menurut jenisnya, kapasitor dapat dibedakan menjadi 2 yaitu kutub / polar (memiliki sisi kaki positif dan negatif) dan satu lagi kebalikannya yaitu non-kutub / non-polar yang tidak memiliki sis kutub,

Sama halnya dengan resistor, kapasitor pun jarang mengalami kerusakan yang ada hanya patriannya saja sering lepas. Jika ada muatan listrik yang lebih dari muatan operasional kapasitor, maka komponen akan mengalami kerusakan / soak yang ditandai dengan mengelembungnya body kapasitor.


Induktor (Lilitan)

Induktor berfungsi hampir sama dengan kapasitor. Cuma bedanya induktor mempunyai sifat yang berlawanan dengan kapasitor, yakni tidak terbuka pada rangkaian DC. Satuan kerja induktor dinyatakan dalam H (henry). Satuan tersebut menyatakan arus yang melintasi komponen satu fase dengan tegangan yang mengalirkan melewati beban.

Transformator

Komponen pasif HP yang terakhir yaitu Trasnformator, fungsinya sebagai penyesuai daya dibagian frekuensi radio. Sesuai dengan fungsinya, komponen ini bisa mengatur tegangan yang dibutuhkan oleh rangkaian radio RF dan TF.
Advertisement

0 Komentar untuk "Nama Komponen HP beserta Fungsinya (Bagian Pasif)"