Review Sendiri Stang R15 di New Vixion, Ternyata Begini Bro

Halo sobat blog Sumedang Sharing, dalam kesempatan kali ini saya ingin mereview penggunaan stang R15 di new Vixion. Disini saya pemakai NVL (New Vixion Lightning) jadi mungkin sama saja meskipun anda pengguna NVA (New Vixion Advance) maupun old vixion .

Seperti kita tahu Yamaha vixion adalah motor berjenis naked sport yang bawaan lahirnya bukan menggunakan stang jepit. Tapi faktanya banyak juga yang melakukan modifikasi dibagian kemudinya ini menggunakan stang jepit yang khusus didesain untuk motor sport, seperti Yamaha R15 dan Honda CBR150. Selain terlihat sederhana, stang ini memang menimbulkan kesan racy dan mudah untuk selap selip dijalanan macet. Ini pengalaman pribadi juga saat menggunakannya.

Banyak sekali model dan merk yang dijual di bengkel, contohnya saja seperti NUI Racing dan Fastbikes, tapi yang ingin saya review kali ini yaitu miliknya Yamaha R15, stang ini sangat pnp. Saya mendapatkan stang ini dari seller di tokopedia, kebetulan dia juga orang bandung. Harga stang R15 pun ini termasuk murah sepasang hanya 150 ribu, berbeda jauh dengan di dealer atau bengkel resmi Yamaha yaitu 400 ribu. Awalnya saya pun ragu ini stang ori, variasi atau atau jangan – jangan kw, tapi setelah ngobrol – ngobrol itu memang stang ori, barang reject Yamaha karena tidak lulus qc, ada bagian yang cacat tidak rapih dibagian finishing. Ah terlepas dari asli bin original atau tidaknya, yang penting ini stang asli besi bukan babet yang mudah patah.

pasang stang r15 di new vixion NVL NVA Old vixion


Balik lagi ke judul yang ingin saya bahas, ternyata ada beberapa dampak negatif dan positif ketika menggunakan stang R15 ini.

Negatif :
  • Stang bakalan mentok ke sayap tangki. Solusinya, yaitu ganjal kedua stopper yang ada disegitiga menggunakan baut kecil, ga perlu dilas cukup tempelkan memakai lem epoxy. Tutorialnya disini : cara agar stang jepit vixion tidak mentok tangki. Selain cara itu, bisa saja stang disetel agak lebar agar tidak mentok tapi posisi punggung akan lebih condong kedepan dan terlihat seperti stang standar karena tidak menekuk. Kesan sportnya menurut saya berkurang 
  • Getaran stang ini sangat terasa ketika motor dibawa jalan di kecepatan antara 40 – 50km/jam tapi kurang dan lebih dari itu normal. Tangan terasa kesemutan meskipun sudah ditambahkan jalu ori bawaan stang standar. 
  • Tangan dan punggung pegal. Inimah sudah pasti, apalagi kalau boncengan dan posisi diturunan jalan.


Positif
  • Motor terlihat lebih keren. Apalagi kalau dipadukan dengan footstep racing / underbone serta bagian belakang agak ditinggikan. Nunggingnya berasa Yamaha R15.  Baca juga : cara meninggikan shock belakang vixion 
  • Mudah menyelip di kemacetan. Stang yang pendek dan simple ini apalagi kalau pakai spion mini seperti spion tomok akan sangat mudah masuk sana sini di kemacetan tanpa takut membentur kiri kanan. Lain halnya dengan stang lebar seperti stang byson yang saat ini saya gunakan, widih repotnya minta ampun. 
  • Enak di bawa bermanuver ditikungan 

Dan ini adalah bentuk stang R15 yang dimaksud.

stang r15 untuk buat old vixion


pasang stang r15 di vixion



Advertisement

0 Komentar untuk "Review Sendiri Stang R15 di New Vixion, Ternyata Begini Bro"