Deltabox Vixion Karatan Keropos Bolong dan Cara Mencegahnya

Bagi pengguna motor Yamaha Vixion, Deltabox adalah rangka atau sasis yang menjadi nilai lebih dan memiliki nilai estetika karena motor terlihat lebih berotot sekaligus terlihat rapih, simple, serta keren tentunya. Pabrikan Yamaha pun menjulukinya dengan sebutan rangka teknologi moto GP karena memang dipakai dimotor – motor balap, rangka ini dipercaya memiliki handling yang lebih stabil pada kecepatan tinggi jalan lurus maupun saat menikung. Namun meskipun demikian, tidak serta merta rangka Deltabox ini lepas dari keluhan beberapa pengguna Vixion. Salah satu masalah yang kerap timbul yaitu munculnya karat dibagian - bagian tertentu serta ada juga yang mengalami keropos secara perlahan hingga Deltabox pun bolong atau berlubang.

Kejadian Deltabox bolong bin berlubang ini pun menimpa bukan hanya pada old vixion saja yang justru sudah berumur lebih tua, tapi seri setelahnya yang lebih muda pun ada yang mengalaminya, sebut saja New Vixion Lightning atau disingkat NVL. Ada beberapa bagian yang sering mengalami karat seperti dibawah tangki, diantara sambungan las – lasan bawah jok dan bagian lainnya, hingga yang paling parah yaitu langsung keropos hingga bolong pada Deltaboxnya bagian bawah tepat didekat kaki. Jika bagian dalam ini berkarat memang tidak akan terlihat dari luar karena tertutup oleh cat Deltabox yang super mengkilap itu, namun proses karat mungkin secara perlahan menggerogoti besi dari dalam hingga pada waktunya cat luar pun akan mengelupas dan ketika kita membersihkannya sudah terlambat, lapisan besi sudah tipis bangkan habis.

Lihat juga :


Menurut saya, keropos dibagian tersebut karena air hujan atau cipratan air dari ban belakang yang masuk ke lubang kecil bekas proses pengelasan. Bisa dilihat rata – rata yang mengalami deltabox bolong terjadi disekitar area tersebut. Memang saat proses pengelasan dulu lubang ini dibuat sengaja untuk mengeluarkan hawa panas dari api las dan bekasnya. Namun saat motor sudah jadi dan hilir mudik dijalan, lubang ini mungkin akan jadi sumber pembawa karat karena air bisa masuk kedalamnya. Meskipun pihak pabrikan telah memberinya lapisan antikarat didalamnya, dalam kenyataannya tetap masih ada yang mengalami keropos, faktor perawatan mungkin juga menjadi hal penentu disini apalagi jika motor sering dibawa menerjang banjir atau terkena air laut lalu jarang dibersihkan dengan air tawar / kran.

Beberapa pengguna Vixion pun banyak yang merekomendasikan supaya memasukan oli atau cairan antikarat kedalam lubang tersebut, ada juga yang menyuruh untuk menutupnya, bahkan banyak pula yang memilih untuk membiarkannya karena lubang tersebut sebagai lubang sirkulasi udara agar tidak lembab didalamnya. Jadi mana yang harus anda lakukan ? kalau saya sendiri memilih untuk menutupnya dengan lem Dextone karena untuk lubang sirkulasi udara dibagian bawah pun sudah cukup yang fungsinya juga sebagai pembuangan air dari dalam Deltabox. Memang setelah saya tes melewati jalan becek, lubang ini mudah sekali terciprat dan kemasukan air, entah itu langsung dari ban belakang atau bisa mengalir melalui body samping. Jadi sudah seharusnya bagi pengguna motor Vixion untuk memperhatikan dan merawat bagian area tersebut. Seperti yang direkomendasikan para pengguna lain, minimal dimasuki oli kedalamnya agar tidak mudah terjadi karat. Untuk bagian lain dapat di semprot pakai pilox agar karat tidak semakin parah.

Berikut ini contoh Deltabox berkarat, keropos, hingga bolong dari beberapa pengguna Yamaha Vixion, saya ambil dari grup Yamaha Vixion Lightning Rider.

Rangka deltabox vixion keropos




Rangka deltabox vixion berlubang



Rangka deltabox vixion karatan



Rangka deltabox vixion berkarat








Rangka deltabox vixion bolong




























0 Komentar untuk "Deltabox Vixion Karatan Keropos Bolong dan Cara Mencegahnya"