Fenomena Vixion Ngebul Saat Digeber di RPM Tinggi dan Penyebabnya

Halo bro..seperti kita tahu Vixion adalah motor 4 tak yang sejatinya tidak akan mengeluarkan asap dari knalpotnya saat dikendarai jika mesin dalam keadaan sehat dan normal. Tapi berbeda dengan motor Vixion, terutama New Vixion Lightning (NVL) serta tidak menutup kemungkinan juga untuk Vixion Advance (NVA). Meskipun mesin sehat dan normal bahkan ada juga yang beberapa hari turun dari dealer, tidak sedikit para penggunanya yang mengeluhkan soal ngebul asap putih dari knalpot terutama saat digeber pada RPM tinggi dan saya pun selaku pengguna NVL sama mengalaminya. Jika penasaran, lihat videonya berikut ini.


Menurut info dari blog lain yang juga sama membahas masalah tersebut, bahkan salah satunya pernah menanyakan langsung ke pihak Yamaha. Ngebulnya knalpot Vixion ini disebut wajar karena motor manapun kalau digeber di RPM tinggi apalagi sampai limiter akan mengeluarkan asap. Menurut saya ga wajar sih masa belum nyampai limiter aja udah ngebul hehehe, tapi mungkin bisa juga dibilang wajar karena poin yang satu ini…

Vixion ngebul lebih banyak dialami oleh Vixion generasi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2013 – 2014 yakni New Vixion Lightning atau lebih familiar disebut NVL. Kenapa bisa demikian? Dari beberapa info yang telah saya baca, penyebab paling kuat vixion ngebul berasap putih yaitu karena perbedaan ring piston yang ada didalamnya, dimana ring piston milik NVL kualitasnya tidak sebagus Vixion Old generasi sebelumnya yang diluncurkan tahun 2007, 2008, 2009, hingga tahun 2012. Sehingga saat kita menggeber NVL di RPM tinggi akan ada sedikit oli yang merembes masuk keruang bakar.

Baca juga :

Motor Old New Vixion Ngebul Saat Digeber Pada RPM Tinggi Penyebab Serta Solusinya


Tidak heran, jika kita melihat mesinnya ada perbedaan part disini dimana Old Vixion menggunakan silinder blok dengan kode 3C1 sedangkan New Vixion Lightning silinder bloknya berkode 1PA. Dan jika anda jeli silahkan lihat juga perbedaan harganya dari kedua part tersebut dikatalog part Yamaha. Harga silinder blok 1PA lebih murah hampir setengahnya dibanding 3C1. Tapi disini bukan fokus pada silindernya tapi lebih ke ring piston yang ada didalamnya.

Oh pantesan, karena istilah mengatakan “ada harga ada kualitas”. Tapi kenapa ko dibeda – bedakan begitu ya ? jawabannya hanya pihak Yamaha yang tahu. Entah karena kejar produksi karena saat itu motor vixion sedang laris – larisnya, entah menekan biaya produksi, atau jangan – jangan Yamaha tidak bisa move on dari motor 2 tax nya hehehe. Karena dari beberapa pengalaman teman, bukan hanya Vixion saja yang mengalami ngebul saat digeber di RPM tinggi tapi R15 dan MX King juga mengalaminya.

Saya pun kadang sering iseng mengetesnya ketika motor dipanasi dipagi hari dan coba menggeber gas di RPM tinggi. Siapa tahu sembuh setelah ganti oli baru, alhasil tetap saja asap putih tipis mulai perlahan keluar dari knalpot padahal posisi baru sekitar kurang lebih 8000rpm yang artinya belum sampai limiter tapi kok sudah berasap.

Nah dari kejadian tersebut jadi jangan heran juga apabila beberapa pengguna Vixion khususnya NVL, ada yang mengalami oli menyusut dan berkurang saat pergantian oli berikutnya. Hal tersebut dapat terjadi jika anda sering membetot gas sejadi – jadinya di RPM tinggi. Jadi sering – seringlah mengecek ketinggian oli di dipstick terutama bagi anda yang suka geber – geberan dikecepatan tinggi.

1 Komentar untuk "Fenomena Vixion Ngebul Saat Digeber di RPM Tinggi dan Penyebabnya"

Adya Razan mengatakan...

Punya ane sembuh gan, abis pakai ring seher 3c1 punya Vixion old