Mari Intip Khasiat Dan Manfaat Tanaman Kuping Gajah

Hai sobat Sumedang Sharing, tidak banyak yang tahu bahwa tanaman bunga Kuping Gajah ternyata menyimpan beberapa manfaat dan khasiat yang berguna bagi kesehatan. Seperti kita tahu, tanaman ini biasanya hanya digunakan sebagai tanaman hias yang banyak berjejer di depan rumah dengan warna bunga yang beraneka ragam, kebetulan saya mempunyai bunga ini yang berwarna merah. Tapi bagi anda yang belum tahu tanaman ini, yuk sejenak kita bahas mengenai pengertian serta ciri dari bunga kuping gajah, si tanaman penyaring udara kotor.

Tanaman bunga Kuping Gajah mempunyai nama latin Anthurium andreanum Linden. Daun tanaman ini berukuran besar, tulang atau urat bewarna hijau putih-keputihan yang membentuk pola hiasan bewarna perak, berbentuk jantung yang sekilas mirip dengan kuping gajah. Mungkin dari sinilah asal muasal masyarakat menyebut tanaman ini dengan sebutan nama itu. Cara budidaya tanaman Kuping Gajah tergolong mudah, hanya cukup mendapat sinar matahari dan pasokan air yang teratur, maka akan tumbuh subur dalam pot anda apalagi jika ditanam pada tanah yang luas.

Khasiat Manfaat Tanaman Bunga Kuping Gajah

Menurut Plantamor, 2014. Klasifikasi Bunga Kuping Gajah sebagai berikut :
  1. Kingdom : Plantae
  2. Subkingdom : Tracheobionta
  3. Super Divisi : Spermatophyta
  4. Divisi : Magnoliophyta
  5. Kelas : Liliopsida
  6. Sub Kelas : Arecidae
  7. Ordo : Arales
  8. Famili : Araceae
  9. Genus : Anthurium
  10. Spesies : Anthurium andreanum var. album Linden .
Menurut informasi yang saya baca juga dari buku tanaman herbal, Tanaman Kuping Gajah mempunyai kandungan kimia yang berguna bagi kesehatan tubuh. misalnya pada bagian daun dan batangnya mengandung saponin, flavonoida, dan tanin, serta mempunyai manfaat dan khasiat untuk mengobati bengkak pada tenggorokan  atau mulut anda.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan artikel mengenai pengertian dan penjelasan bunga atau tanaman kuping gajah, semoga informasinya menambah pengetahuan anda.

0 Komentar untuk "Mari Intip Khasiat Dan Manfaat Tanaman Kuping Gajah"