Beberapa Khasiat dan Manfaat Buah Kecapi

Manfaat serta khasiat yang akan saya ulas dalam postingan kali ini yaitu Buah Kecapi yang konon mempunyai banyak kegunaan seperti untuk ibu hamil hingga kesehatan dalam tubuh anda. Namun sebelum saya bahas mengenai manfaat sehatnya, terlebih dahulu yuk kita mengenal sekilas buah yang satu ini.

Khasiat dan Manfaat Buah Kecapi

Nama lain buah Kecapi yaitu buah Sentul dengan nama latin Sandoricum koetjape dan mempunyai Taksonomi / Klasifikasi sebagai berikut.

Klasifikasi Buah Kecapi
  • Kingdom : Plantae
  • Divisio : Spermatophyta
  • Subdivisio : Angiospermae
  • Klas : Magnoliopsida
  • Subklas : Rosidae : Rosidae
  • Ordo : Sapindales : Sapindales
  • Famili : Meliaceae : Maliaceae
  • Spesies : Sandoricum koetjape (Burm.f.) Merr.
  • Nama lain : Santol (Inggris)

Buah yang satu ini sangat sulit ketika orang ingin mengkonsumsinya karena cangkangnya yang begitu keras ketika akan dibuka. Ciri - ciri buah Kecapi ini yaitu bentuknya pipih dan agak bulat serta berdiameter kurang lebih 5 cm, berwarna kuning keemasan, pada kulit buahnya ditumbuhi bulu halus, daging buah berwarna merah untuk bagian luar dan berwarna putih untuk bagian dalam, lengket dengan biji, serta mempunyai rasa manis. Biasanya dalam satu buah kecapi akan ada kurang lebih 3 biji berwarna coklat berbentuk seperti telur.


Adapun ciri-ciri pohon buah kecapi atau buah sentul ini yaitu batangnya cukup besar dengan tinggi dapat mencapai 30 m yang rimbun ditumbuhi daun. Daunnya sendiri berbentuk majemuk bulat agak meruncing dengan ukuran yang mencapai 18 cm. Sedangkan bunga pohon kecapi mempunyai warna kuning kehijau -hijauan yang mengeluarkan aroma harum dan letaknya diketiak daun.

Berbicara mengenai manfaat sehat didalamnya, tentu tidak terlepas dari adanya kandungan / zat penting. Adapun kandungan buah Kecapi ini diantaranya saja ada Air, Kalium, Serat, kalsium, karbohidrat, Fosfor, Zat besi, Protein, Lemak, hingga yang paling penting adanya kandungan Vitamin C yang bisa sampai 14 gram / 100 gram buah ini.

Dan dibawah ini adalah beberapa penyakit yang dapat dioabti secara alami menggunakan ramuan tradisional yang berbahan dasar buah Kecapi.

Penyakit Cacing Gelang 
Bagian yang digunakannya yaitu serbuk kulit batangnya yang konon telah lama dipercaya ampuh untuk mengobati secara tradisional penyakit cacing gelang. 

Diare dan Perut Kembung
Bagian yang digunakan untuk mengatasi kedua penyakit tersebut yaitu akarnya

Menguatkan Tubuh Setelah Melahirkan
Manfaat lainnya buah kecapi yaitu berguna bagi anda kaum wanita paska melahirkan agar tubuh anda cepat pulih

Mengobati Demam
Untuk  mengobati demam anda cukup merebus daun buah kecapi dan airnya diminum secara rutin tiap hari dengan dosis tertentu

Meluruhkan Keringat
Untuk meluruhkan keringan anda tinggal menggosokkan daun buah kecapi yang masih segar pada kulit.

Pencuci Darah Alami
Untuk digunakan  sebagai obat untuk pencuci darah anda cukup sediakan 7 lembar daun buah Kecapi yang masih segar. Rebuslah daun tersebut menggunakan 4 gelas air dan tunggu hingga tersisa hanya 2 gelas. Setelah dingin saring air rebusan dan minum secara rutin sehari sekali


Demikianlah artikel mengenai manfaat buah kecapi bagi kesehatan yang dapat saya bagikan. Semoga informasinya menambah pengetahuan dan wawasan anda

0 Komentar untuk "Beberapa Khasiat dan Manfaat Buah Kecapi"