Cara Mengobati Luka Akibat Sengatan Patil Ikan Lele

Dalam postingan kali ini saya ingin berbagi info cara mengatasi, mengobati, dan menyembuhkan luka akibat terkena sengatan sirip ikan lele, atau kalau orang sunda biasa menyebutnya di patil. Ikan lele atau ikan sembilang kalau di air laut, adalah salah satu dari banyaknya ikan yang memiliki senjata (sengat) yang berbisa, apalagi jika ikan lele lokal yang berukuran kecil dan biasanya hidup disungai, konon sengatan siripnya lebih sakit dari ikan lele jumbo ataupun lele sangkuriang yang biasa dibudidayakan dikolom peliharaan.

Biasanya jika seseorang terkena patilan ikan lele ini, selain kulitnya akan luka / sakit (berdarah dan bengkak) maka akan diiringi juga dengan demam, yakni perasaan panas dan dingin yang tak menentu disekujur tubuh. Nah jika anda atau keluarga kebetulan mengalaminya, cobalah menggunakan pengobatan alami dan tradisional berikut ini.

Obat terkena patil ikan lele


Bahan :
  • Kopi bubuk (2-3 sendok makan)
  • Air panas (secukupnya)

Cara Pembuatan :
  • Ambilah 2-3 sendok bubuk kopi, kemudian taruh dalam mangkok
  • Tuangkan air panas yang setengah mendidih dan aduk hingga rata

Cara pengobatan :
  • Gunakan uap dari campuran kopi dengan air panas tersebut pada bagian anggota badan anda yang terkena sengatan atau patil ikan lele.


Demikianlah artikel mengenai obat dipatil / terkena patilan ikan lele dan ikan sembilang. Akhir kata semoga informasinya dapat bermanfaat,

0 Komentar untuk "Cara Mengobati Luka Akibat Sengatan Patil Ikan Lele"