Ini Dia Manfaat dan Khasiat Tanaman Bunga Alamanda

Info khasiat dan manfaat yang akan saya ulas dalam postingan kali ini yaitu tanaman bunga Alamanda, konon tumbuhan ini memiliki kegunaan dalam hal kesehatan, ya selain digunakan sebagai tanaman hias untuk memperindah taman atau pekarangan rumah anda. Apa sajakah itu ? namun sebelumnya mari kita mengenal sekilas tanaman yang satu ini.

Manfaat Khasiat Tanaman Bunga Alamanda

Bunga Alamanda mempunyai nama latin Allamanda Cathartica L serta taksonomi dan klasifikasinya tanamannya sebagai berikut.

Klasifikasi Bunga Alamanda
  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas: Asteridae
  • Ordo: Gentianales
  • Famili: Apocynaceae 
  • Genus: Allamanda
  • Spesies: Allamanda cathartica L. 
Ditempat saya tinggal, bunga ini dinamakan Lame Areuy, maklumlah karena kebetulan saya orang Sunda tepatnya dari kota Sumedang. Ciri-ciri bunga Alamanda ini sendiri yaitu batangnya berkayu yang tingginya bisa mencapai 2 meter, berwarna cokelat ketika batangnya sudah tua, dan tunas pada batangya berwarna hijau. Daun tanaman alamanda berbentuk lancip di ujungnya dengan struktur permukaan kasar dengan panjang 6 hingga 16 cm. Daun tanaman alamanda biasanya berkumpul sebanyak tiga atau empat helai. Bunga alamanda sendiri ada yang berwarna kuning ada juga yang berwarna ungu, bentuknya mirip terompet dengan ukuran diameter 5 sampai dengan 7.5 cm serta mengeluarkan aroma yang sangat harum.

Habitat tanaman alamanda yaitu daerah tropis dengan ketinggian 0-700 m dari permukaan laut dan dapat tumbuh subur pada daerah yang memiliki intensitas curah hujan dan cahaya matahari yang cukup. Cara menanam dan budidaya tanaman bunga alamanda tergolong mudah, yakni bisa menggunakan biji maupun stek batang.

Kembali lagi ke judul postingan mengenai manfaat sehat tanaman ini, tentu tidak terlepas dari kandungan penting didalamnya. Adapun kandungan pada tanaman Alamanda misalnya ada alkaloida, tanin dan saponin yang terdapat di kulit batang, serta flavonoida, saponin dan polifenol yang terdapat dalam buahnya.

Nah dibawah ini adalah beberapa manfaat dan khasiat tanaman Alamanda untuk Kesehatan :
  1. Dapat digunakan sebagai anti bakteri dan antibiotik alami
  2. Berkhasiat untuk mengobati penyakit malaria
  3. Bermanfaat mengobati penyakit pembengkakan limpa. 
  4. Berguna dalam mencegah penyakit kuning. 
  5. Digunakan sebagai penawar racun untuk menetralisir efek hemorrhagic (pendarahan hebat) akibat gigitan ular berbisa

0 Komentar untuk "Ini Dia Manfaat dan Khasiat Tanaman Bunga Alamanda "