Belajar Bermain Gitar Reggae – Cara Mengocok dan Menggenjreng

Saat pertama kali belajar gitar, tentunya anda akan memainkan berbagai jenis lagu  yang mudah untuk dimainkan karena masih menyesuaikan dengan kocokan / genjrengan gitar (Rhythm) yang anda kuasai. Lagu – lagu yang mudah untuk dimainkan tersebut biasanya lagu pop yang temponya lambat dengan pola kocokan atau petikan yang umum digunakan ataupun menyesuaikan ketukan lagu tersebut. Namun lain halnya jika anda ingin memainkan lagu – lagu reggae, meskipun temponya lambat ataupun cepat tapi cara mengenjreng atau mengocok senar gitarnya berbeda dengan kocokan gitar pop pada umumnya. Ko bisa ya nadanya terdengar seperti putus – putus begitu ?

Cara bermain gitar reggae

Memainkan gitar reggae memang agak berbeda karena cara mengocok senarnya pun ada teknik tersendiri untuk mendapatkan nada putus – putus tersebut. Efek ada putus – putus tersebut didapat karena pola saat menggenjreng senar di tiap kuncinya ada yang diselingi dengan sedikit penekanan senar saja sehingga menimbulkan suara seperti terputus – putus.

Belajar Bermain Gitar Reggae Begini Cara Mengocok Menggenjreng Memetiknya

Teknik ini dapat dilakukan dengan mudah jika anda menggunakan kunci gantung atau sebagian menyebutnya dengan kunci palang. Untuk lebih jelas caranya, lihat video dibawah ini :


Lalu bagaimana jika anda hanya menguasai kunci dasar nada mayor dan nada minor yang bentuknya biasa ?

Anda tetap bisa memainkannya, hanya saja menurut saya agak sedikit repot. Caranya, saat kocokan pertama, penekanan senar seperti biasa untuk mendapatkan nada kunci tersebut, kemudian di genjrengan berikutnya untuk mendapatkan efek putus – putus gunakan tangan kanan untuk ditempelkan pada semua senar. Pindah kunci berikutnya lakukan lagi seperti itu, terus seperti itu polanya yang penting harmonis serta enak didengar.

Dari kedua cara tersebut, yang paling mudah dilakukan yaitu teknik pertama yang menggunakan kunci gantung karena tangan kanan tidak perlu repot untuk menekan juga semua senar untuk mendapatkan efek putus – putus tersebut. Hanya saja anda harus hafal serta menguasai juga kunci  gantung tersebut.

Memang untuk pertama kali pasti akan terasa sulit, tipsnya sering – seringlah mendengarkan lagu reggae yang ingin anda belajar mainkan tersebut lalu diikuti latihan memainkan gitarnya dengan barpatokan pada ketukan lagu tersebut. Selamat mencoba !!! 

0 Komentar untuk "Belajar Bermain Gitar Reggae – Cara Mengocok dan Menggenjreng"