Cara Menanam dan Memperbanyak Tanaman Lidah Mertua

Dalam postingan kali ini saya ingin berbagi info cara menanam (budidaya) serta memperbanyak tanaman bunga lidah mertua yang banyak tumbuh dipekarangan rumah untuk dijadikan tanaman hias. Bunga lidah mertua dengan nama latin Sansevieria, konon selain digunakan sebagai tumbuhan hias juga mempunyai kegunaan dalam menyerap udara kotor (polusi) diluar maupun dalam ruangan. Cocok banget nih buat anda yang suka merokok dalam ruangan, tanam aja bunga lidah mertua hehehe.
Namun selain itu, pernah saya baca dalam buku tanaman obat bahwa tanaman ini juga bermanfaat bagi kesehatan seperti mengobati penyakit diabteses, wasir bahkan sampai dengan penyakit kanker yang sangat ditakuti banyak orang.

Cara Memperbanyak Tanaman Lidah Mertua

Bunga lidah mertua termasuk tanaman yang mempunyai ketahanan cukup tinggi. Lihat saja, meskipun hidup di tempat-tempat yang sedikit kandungan air serta minim cahaya matahari, bunga lidah mertua masih tetap bisa bertahan hidup dengan sangat baik. Itu sebabnya anda harus mulai menanam tumbuhan yang satu ini.

Tanaman lidah mertua bisa dikembangbiakan dengan beberapa cara, yang pertama anda dapat menggunakan teknik pencacahan terhadap indukan tanaman lidah mertua yang tujuannya untuk mendapatkan bibit tanaman. Bibit tanaman tersebut ditanam sampai tumbuh besar, dan hasilnya juga masih bisa dicacah kembali untuk dijadikan bibit yang baru. Namun teknik ini hanya bisa dilakukan pada jenis tanaman lidah mertua tertentu.

Cara lain untuk memperbanyak tanaman lidah mertua ini yaitu dengan stek daun, caranya anda cukup melepas atau memotong salah satu daun tanaman tersebut yang sudah cukup tua, kemudian daun tersebut bisa langsung anda tanam ke tanah dengan posisi ujung daun diatas.

Wah ternyata mudah juga bukan cara menanam dan memperbanyak (budidaya) bunga lidah mertua ini, akhir kata semoga informasinya bermanfaat
Advertisement

0 Komentar untuk "Cara Menanam dan Memperbanyak Tanaman Lidah Mertua"