Cara Pemijahan / Memijahkan Ikan Lele

Teknik / cara memijahkan ikan lele dumbo dan lele sangkuriang secara alami maupun secara buatan untuk proses mengawinkan jantan dengan betina yang saya bahas dalam postingan ini yaitu menggunakan kolam pemijahan secara massal yang dilakukan dikolam luas, bukan pemijahan secara berpasangan yang dilakukan dikolam sempit / bak yang berukuran 2x1 meter persegi.

Pemijahan secara massal mengunakan kolam yang diberi sarang untuk bertelur pada bagian pinggirnya. Sarang ini dapat dibuat dalam kolam pemijahan itu sendiri, maupun diluar kolam pemijahan yang dihubungkan dengan paralon. Ada cara lain untuk mempermudah perawatan indukan ikan lele, yaitu dengan membuat dua macam kedalaman pada kolam pemijahan sehingga pada saat kolam dikeringkan, induk tidak perlu ikut dipindahkan.

teknik cara pemijahan memijahkan mengawinkan pembenihan pembibitan ikan lele dumbo lele sangkuriang

Selama diadakan perbaikan kolam maupun pengeringan dasar kolamnya, induk lele dapat dirawat dan diberi makan pada kolam yang lebih dalam. Banyaknya sarang peneluran disesuaikan dengan panjang sisi, dengan jarak tiap sarang yatu 1 meter. Ukuran sarang peneluran berukuran 30 x 30 x 30 cm yang keseluruhannya ditembok.

Kolam dengan sarang peneluran didalam kolam pemijahan sebaiknya ditembok seluruhnya, berbeda halnya dengan sarang peneluran diluar kolam, boleh tidak ditembok juga. Tetapi untuk sarang penelurannya mutlak harus ditembok dengan mempergunakan batu bata atau batako. Paralon yang dipergunakannya berdiameter 4 inchi dan dipasang 5 cm dari dasar.

Dengan menyimak artikel cara / teknik pembibitan (pembenihan) ikan lele melalui proses pemijahan atau memijahkan ini, semoga anda mempunyai sedikit gambaran.
Advertisement

0 Komentar untuk "Cara Pemijahan / Memijahkan Ikan Lele"