Cara Ternak / Budidaya Kroto Semut Rangrang Tanpa Pohon

Cara budidaya / ternak semut rangrang untuk menghasilkan kroto tanpa pohon ini sebenarnya sudah banyak sekali dilakukan oleh mereka yang benar - benar serius menekuni jenis usaha rumahan yang satu ini karena modalnya kecil namun peluang bisnisnya sangat menggiurkan. Dari yang saya tahu, cara budidaya / ternak kroto semut rangrang tersebut bisa menggunakan media toples, paralon, botol plastik air mineral (aqua), maupun bambu. Semua media tersebut dijadikan sebagai sarang buatan tempat hidup dan bertelurnya semut rangrang. Namun meskipun terlihat sepele dan mudah dilakukan, sebenarnya jika anda tidak mengetahui teknik dalam perawatannya, bukan tidak mungkin apa yang anda harapkan diawal tidak akan sesuai dengan kenyataan. Kenapa saya bisa bilang demikian ? karena kebetulan salah seorang teman saya mencoba untuk menjalankan budidaya semut merah ini, namun justru gagal ditengah jalan. Masalahnya cuma 1, yaitu dalam hal perawatan.

Karena semut rangrang ini habitat aslinya dipohon dan makanannya juga dari alam, maka ketika kita budidayakan / ternak di media buatan otomatis semut tersebut perlu penyesuaian untuk hidup. Nah disinilah fokus perawatan kita, biasanya pada tahap ini kebanyakan gagal dikarenakan semut rangrang bukannya hidup namun malah banyak yang mati. Nah dalam postingan ini, saya ingin berbagi beberapa tips yang mungkin bisa jadi gambaran cara beternak / budidaya semut rangrang yang baik dan benar agar menghasilkan kroto kualitas bagus dengan harga jual mahal. Namun yang kali ini saya bahas yaitu hanya menggunakan media toples.

Cara beternak semut rangrang dengan media toples

Peralatan :
  1. Toples bening (agar nanti lebih mudah pengecekan dalamnya). Ukurannya bebas, bisa anda sesuaikan sendiri
  2. Nampan
  3. Batu bata


Pengerjaan :
  • Pertama anda lubangi bagian bawah toples tersebut sebesar uang logam. Tujuannya sebagai lubang udara sekaligus nantinya untuk keluar masuknya semut rangrang. Posisikan tutup toples dibagian bawah, dan bagian bawah toples yang tadi dilubangi berada di bagian atas.
  • Isi nampan dengar air dan jadikan sebagai alas atau pijakan toples agar semut kroto tidak menjalar kemana-mana. Namun disisipi batu batu antara air dan toplesnya (agar toples tidak terendam air).
  • Setelah media buatan tempat bersarang jadi. Kini saatnya anda mencari semut rangrang yang akan dikembangbiakan, terutama menemukan induknya atau biasa disebut ratu semut. Caranya seperti biasa anda cari sarangnya dipohon, dan biasanya ratu semut berada dan bersarang pada daun pohon yang masih muda dan terletak paling tinggi diantara sarang lainnya. Perlu kejelian dan kesabaran juga sih dalam mencarinya.
  • Jika anda telah berhasil menemukan ratunya, segera potong cabang yang menjadi sarang dan masukan kedalam wadah sementara yang ada lubang udaranya untuk kemudian dipindahkan ke sarang buatan yang telah kita buat.
  • Lakukan pemberian makan secara teratur, Makanan untuk semut rangrang bisa berupa air gula, ulat, jangkrik, ataupun belalang.

Nah itulah sekilas artikel mengenai cara ternak / budidaya kroto semut rangrang tanpa pohon. Semoga informasinya dapat menambah pengetahuan anda.
Advertisement

0 Komentar untuk "Cara Ternak / Budidaya Kroto Semut Rangrang Tanpa Pohon"