Cara Ternak Lele Kolam Terpal Untuk Pemula

Cara ternak lele menggunakan kolam terpal bisa jadi pilihan bagi anda yang ingin melakukan budidaya pada jenis ikan tersebut namun tidak memiliki lahan yang luas untuk membuat kolamnya. Lele adalah salah satu ikan yang banyak digemari dan mempunyai harga jual yang lumayan tinggi, jenis lele yang banyak dibudidayakan diantaranya lele dumbo (jumbo) dan juga lele sangkuriang. Nah jika anda berencana untuk melakukan ternak dengan menggunakan terpal, berikut ini beberapa tahapan penting yang harus anda ketahui.

Pembuatan kolam terpal
Dalam tahap pembuatan kolam terpal, sebaiknya ukuran disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam hal ini jumlah ikan lele yang akan anda kembangbiakan nantinya. Ukuran yang biasanya banyak digunakan yaitu 3x4 meter dengan kedalaman kolam kurang dari 1 meter.

Pemilihan benih
Pilihlan benih lele yang kualitasnya baik seperti gerakannya yang lincah dan ukurannya sama rata

Menebar benih
Setelah anda mendapatkan benih yang dirasa baik, kini tinggal tahap penebaran pada kolam terpal yang telah jadi. Namun sebelumnya harus dilakukan peredaman terlebih dahulu dengan cara memasukan benih lele tersebut kedalam ember yang berisi air kolam dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Tujuannya yaitu agar benih lele tersebut dapat melakukan penyesuaian sebelum akhirnya dipindahkan kedalam kolam besar.

Perawatan
Ditahap perawatan, yang harus anda perhatikan yaitu air, pakan, dan juga jenis penyakit yang mungkin menyerang benih. Untuk air, bisa anda ganti jika memang telah benar-benar keruh dengan cara menambahkannya tanpa perlu mengganti keseluruhan. Untuk pakan, anda bisa memebrinya secara ruitn 3 kali sehari, namun jangan terlalu banyak juga karena bisa memunculkan penyakit pada lele akibat endapan makanan diair.

Masa panen
Setelah kurang lebih 90 hari anda sudah dapat melakukan panen pada ikan lele. Pilihlah yang kira - kira cocok untuk dikonsumsi atau dijual.

Demikianlah sedikit artikel mengenai tips atau cara ternak lele di kolam terpal untuk pemula. Akhir kata semoga informasinya memberikan sedikit gambaran bagi anda.

0 Komentar untuk "Cara Ternak Lele Kolam Terpal Untuk Pemula"