Intip Khasiat dan Manfaat Daun Mangkokan Untuk Kesehatan

Ternyata manfaat daun Mangkokan mempunyai khasiat untuk kesehatan dalam mencegah dan mengobati beberapa macam penyakit tubuh. Daun mangkokan merupakan tanaman perdu yang biasa ditanam dihalaman rumah sebagai hiasan atau bahkan digunakan sebagai tanaman pagar. Daun papeda atau Mangkokan mempunyai nama latin "Notopanax Scutellarium Merr", ciri utama tanaman mangkokan ini yaitu mempunyai bentuk daun yang sangat unik yakni menyerupai mangkok / mangkuk. Mungkin dari sinilah awal orang-orang menyebut tanaman ini dengan sebutan nama tersebut. Ciri lainnya yaitu mempunyai batang kecil dengan ketinggian 1 sampai dengan 2 meter.

manfaat daun mangkokan untuk kesehatan


Klasifikasi daun mangkokan adalah sebagai berikut :

  • Kingdom: plantae (tumbuhan) 
  • Subkingdom:tracheobionta (tumbuhan berpembuluh) 
  • Superdivisi: spermathophyta(menghasilkan biji) 
  • Divisi: magnolophyta(tumbuhan berbunga) 
  • Kelas: magnoliopsida(berkeping dua/dikotil) 
  • Sub kelas: Rosidae 
  • Ordo : apiales 
  • Family: araliaceae 
  • Genus:nothopanax 
  • Spesies: Nothopanax scutellarium Merr

Berbicara tentang khasiat dari tanaman ini, tentu tidak terlepas dari kandungan / zat berguna didalamnya. Adapun kandungan kimia daun mangkokan yaitu terdiri dari kalsium oksalat, peroksidase, amygdalin, fosfor, besi, lemak, protein, serta vitamin A, B1 dan C. Semua zat tersebut terletak dibagian batang serta daunnya. 

Dan berikut adalah beberapa manfaat daun mangkokan untuk kesehatan rambut, kulit, dan maupun anggota tubuh lainnya.

Mencegah Rambut Rontok
Manfaat daun mangkokan untuk rambut yaitu untuk mencegah agar tidak rontok dengan cara sediakan daun mangkokan segar yang sudah agak tua, kemudian cuci hingga bersih. Lumatkan daun tersebut dan tambahkan minyak kelapa secukupnya dan ambil air perasannya. 

Cara penggunaanya cukup oleskan air perasan tersebut ke kulit kepala sambil dipijat. Biarkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Jika dilakukan secara rutin maka rambut anda akan bebas dari kerontokan


Obat Luka di Kulit
Khasiat daun mangkokan untuk kulit yaitu mengobati luka dengan cara melumatkan beberapa lembar daun mangkokan sampai halus. Gunakan ramuan tersebut untuk menjadi obat oles pada bagian luka. Setelah dioleskan balutlah supaya meresap. Lakukan secara teratur sampai sembuh.


Mengobati Radang Pay*dara
Ternyata daun mangkokan juga bermanfaat untuk mengobati pay*dara dengan cara ambil daun mangkokan yang agak tua dan cuci bersih. Lalu lumatkan sampai halus serta tambahkan minyak kelapa dan parutan kunyit. Setelah itu, ramuan tersebut dipanaskan di atas api sebentar saja. Oleskan ramuan tersebut pada bagian payudara yang membengkak secara merata. Lakukan secara rutin sampai sembuh. 


Melancarkan Buang Air Kecil
Untuk melancarkan busang air kecil cukup sediakan beberapa lembar daun mangkokan yang masih segar yang telah dicuci bersih. Rendamlah daun tersebut menggunakan air panas secukupnya dan biarkan beberapa menit. Pakailah air tersebut untuk air kompresan pada perut bagian bawah setelah airnya hangat.


Nah itulah beberapa manfaat daun Mangkokan yang perlu anda ketahui. Semoga informasinya dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda.

0 Komentar untuk "Intip Khasiat dan Manfaat Daun Mangkokan Untuk Kesehatan"