Kompor Gas Tidak Menyala Sebab Pemantik Api Rusak / Mati

Penyebab kompor gas tidak mau menyala atau mati bisa karena beberapa hal salah satunya karena pemantik api yang rusak dan mati sehingga tidak berfungsi (bekerja) yang akhirnya menyebabkan api pada tungku kompor gas pun tidak keluar.

Hal ini terjadi ketika kompor gas 2 tungku merk rinnai saya disimpan diluar dan sering terkena sengatan matahari pagi secara langsung. Maklum lah karena saya tinggal disebuah kosan sempit yang mengharuskan barang - barang tertentu saja bisa masuk kedalam. Setelah saya selidiki, ternyata penyebabnya karena sering terkena paparan sinar matahari langsung yang mengakibatkan magnet pemantik api menjadi lemah. Namun tidak mati secara total sih, kadang-kadang pemantik tersebut masih bisa mengeluarkan percikan listrik dan bisa menghidupkan api di tungku kompor meskipun harus bersusah payah beberapa kali menekan tombol.

cara memperbaiki pemantik kompor gas rinnai quantum rusak mati tidak berfungsi bekerja

Kalau kejadiannya begini mungkin terpaksa saya harus mengganti pemantiknya karena tidak tahu bagaimana cara memperbaiki pemantik kompor gas si merk rinnai tersebut. Yang saya lakukan saat ini ketika ingin memasak yaitu menyalakan tombol kompor seperti biasa dan menghidupkan tungkunya secara manual dengan menggunakan korek api.

Nah jika anda mempunyai tips, solusi, dan cara lain dari permasalahan kompor gas yang saya alami diatas, entah itu merk rinnai, quantum, atau merk apapun itu. Silahkan untuk berbagi dengan saya melalui kolom komentar yang telah disediakan.

0 Komentar untuk "Kompor Gas Tidak Menyala Sebab Pemantik Api Rusak / Mati"