Cara Menanam Cabe Agar Subur dan Buahnya Lebat

Cara menanam cabe (cabai) agar subur dan buahnya banyak atau lebat ini bisa anda praktekan disemua jenis tanaman cabe, mau itu cabe rawit atau bisa juga jenis cabe keriting. Karena sebenarnya tanaman yang satu ini mudah untuk tumbuh dimana saja, asalkan dengan melakukan perawatan yang rutin misalnya penyiraman, pemupukan, penyiangan, serta pembasmian hama. Maka tanaman cabe pun akan tumbuh dengan subur dengan buah yang begitu lebatnya, apalagi jika penanamanya dilakukan dengan cara organik.

Namun seperti biasa, langkah awal yang harus anda lakukan yaitu mempersiapkan benih/bibit cabe yang bisa anda beli ditoko pertanian, atau menggunakan biji cabe pilihan sendiri yang terlebih dahulu telah dikeringkan dengan cara dijemur dibawah terik matahari. Semai biji cabe tersebut dalam media tanam sementara, seperti pot atau polybag yang telah diisi dengan campuran tanah dan kompos. Namun jika anda mempunyai lahan yang luas, lebih baik lakukan penyemaian pada media bedengan.
Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari. Setelah benih tumbuh dan mempunyai minimal 4 helai daun, pindahkan ke media tanam permanen yang terlebih dahulu telah digemburkan dan diberi pupuk.

Nah tahap perawatan ini adalah kunci lebat atau tidaknya cabe yang anda tanam. Adapun beberapa poin penting tahap perawatan ini meliputi :
  • Penyiraman dilakukan setiap hari
  • Lakukan penyemprotan pestisida secara rutin sesuai anjuran
  • Dan yang paling penting lakukan yaitu penyiangan tanaman. Cabut gulma yang tumbuh dekat perakaran tanaman cabe, pangkas daun yang sudah kuning atau bahkan mati / kering, buang juga tunas yang tidak penting tanaman yang sekiranya tidak terlalu penting.

Jika semua itu anda lakukan dengan benar, maka ketika waktunya panen pada usia 60 sampai 75 hari terhitung setelah masa tanam. Tanaman cabe anda akan menghasilkan buah yang sangat lebat.

Demikianlah artikel mengenai tips agar tanaman cabe berbuah lebat / banyak. Akhir kata semoga informasinya bermanfaat,

0 Komentar untuk "Cara Menanam Cabe Agar Subur dan Buahnya Lebat"