Cara Memperbaiki Master Rem Belakang Vixion, Bongkar Yuk !!!

Salah satu masalah yang banyak dikeluhkan pengguna motor new vixion yaitu cakram belakangnya yang sering macet sehingga putaran roda pun menjadi seret dan berat. Saat motor diajak jalan otomatis kampas rem seakan - akan terus mengerem yang mengakibatkan piringan menjadi panas, jika kondisi ini dibiarkan terus menerus maka lambat laun permukaan piringan akan cepat menipis dan tentunya pengunaan BBM pun akan semakin boros karena tarikan motor yang berat tersebut. Penyebab paling umum yang sering saya temui dari pengguna motor Vixion lainnya khususnya di grup facebook New Vixion Lightning Rider, piringan cakram belakang yang macet ini karena adanya part bermasalah dalam master rem. Dalam hal bisa karena kotor akibat jamur atau karat, atau bisa juga memang sudah waktunya part tersebut diganti. Jika memang master remnya yang bermasalah, akan ditandai dengan jarak main yang semakin dalam / jauh saat kita menekan tuas rem serta ringan tanpa hentakan ditambah rodapun seret saat kita memutarnya.

Nah dalam postingan kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman cara memperbaiki master rem belakang new vixion yang macet. Sebenarnya membongkar dan memasang master rem belakang vixion ini sangat mudah, asalkan anda memiliki peralatan yang memadai untuk membukanya. Oke lanjut saja lihat tahapan – tahapannya berikut ini.


Peralatan :
  • Kunci L 
  • Obeng dengan ujung lancip 
  • Kunci Pas / Ring Ukuran 16 
  • Minyak rem 
  • 1 set master rem (master kit)






Cara membongkar, membuka, dan melepas master rem belakang vixion
  • Buka terlebih dahulu baut rumah master rem yang menempel di footstep. Setelah terlepas kita fokus untuk membuka kedua bagian yang saya lingkari berwarna kuning. 
master rem belakang new vixion macet rusak


  • Pertama buka terlebih dahulu bagian bawah yang ada karetnya dengan cara mencongkel menggunakan obeng yang ujungnya pipih. 
Cara Memperbaiki Master Rem Belakang Vixion New NVL NVA


  • Setelah terbuka maka akan terlihat bagian dalamnya. Ternyata sudah berkerak dan karatan bro !!! maklum sudah 4 tahun belum pernah dibersihkan ataupun diganti 
cara membuka master rem belakang vixion


  • Buka cincin kuncian didalamnya dengan cara mencongkelnya menggunakan obeng yang ujungnya lancip. Lalu tarik maka bagian tersebut akan terlepas









  • Lanjut untuk membuka bagian baut atasnya dengan menggunakan kunci pas / ring 16. Setelah terbuka dorong bagian dalamnya dari atas dengan menggunakan kunci L maka bagian dalamnya pun otomatis terdorong kebawah.
cara membuka  master rem vixion



cara melepas master rem belakang vixion





  • Kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan, bagian tumpuan bawah hampir habis dimakan usia.

cara bongkar master rem belakang new vixion



  • Ini perbedaan yang baru vs yang sudah rusak
cara mengganti master rem new vixion




Cara memasang master rem belakang vixion

  • Setelah dibersihkan bagian bagian dalamnya, pasang kembali part baru seperi sedia kala

cara pasang master rem belakang vixion










  • Terakhir tinggal isi minyak rem dan lakukan setingan ulang dengan membuang angin didalamnya. Caranya kocok - kocok pedal rem beberapa kali sampai ada tekanan, lalu tekan dan tahan kemudian buka baut pembuangan minyak rem dibagian belakang hingga minyak rem keluar. Tutup kembali baut masih dalam posisi pedal rem ditekan. Ulangi beberapa kali hingga angin palsu didalamnya benar - benar hilang dan rem bisa berfungsi. Jika masih bingung cari saja video tutorialnya di Youtube. 






0 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Master Rem Belakang Vixion, Bongkar Yuk !!!"