Banyak Rangka CB150R Patah Dibagian Ini, Kok Bisa Ya !!!

Halo pembaca blog Sumedang Sharing, beberapa pengguna motor Honda CB150R ada yang mengalami rangka retak hingga patah dibagian tertentu. Rangka atau sasis CB150R ini berjenis teralis (trus frame) yang memiliki desain futuristic dan keren seperti motor – motor Ducati. Rangka tralis ini juga memiliki bobot yang ringan serta ringkas sehingga membuat motor mudah untuk dibawah bermanuver dan memberikan kenyamanan saat berkendara. Rangka ini akan terlihat semakin sangar jika diberi cat yang warnanya mencolok, ya seperti warna merahnya rangka New CB150R yang dipadukan dengan warna body hitam doff / putih atau KTM Duke 250 dengan warna tralis orange nya.

Dibalik kerennya rangka CB150R tersebut, tidak serta merta membuat rangka tersebut bebas dari masalah, salah satunya yaitu adanya retakan dibagian tertentu hingga patah. Berbeda dengan kompetitornya Yamaha Vixion yang rangka deltaboxnya keropos dibagian tertentu.

Kasus rangka CB150R patah ini kebanyakan dialami oleh pengguna yang telah melakukan modifikasi dibagian tersebut yakni menambahkan rangka aksesoris tambahan dengan melepas juga dudukan penyangga aluminium sebagai penahan dan penyangga rangka pada mesin. Ketika motor terjatuh memang body akan terlindungi, namun aksesoris tersebut langsung memberi tekanan pada bagian rangka dan bertumpu pada satu titik bagian yang lemah.

Rangka aksesoris tambahan ini biasa disebut crashbar, tubular, atau frame slider. Alangkah baiknya jika produsen aksesoris tersebut sudah memperhitungkan terlebih dahulu sejak awal dengan mengetesnya langsung agar terlihat fungsi sebenarnya bukan hanya sekedar untuk variasi.

Meskipun demikian, ada juga motor yang masih standar mengalami hal tersebut. Nah untuk yang satu ini biasanya dialami oleh motor CB150R generasi pertama dimana masih adanya kelemahan – kelemahan yang belum diperbaiki oleh pihak pabrikan. Ada yang bilang teknik las Honda jelek hingga menyebut pipa yang digunakan sebagai rangka memiliki diameter yang sangat tipis dibawah standar.

Adapun bagian yang sering mengalami retakan hingga patah yaitu disekitar bagian bawah persilangan rangka X dan sambungan las lasan lainnya seperti footstep belakang.

Rangka cb150r patah

Sasis cb150r patah retak

Rangka teralis cb150r patah


Lihat juga videonya :



Namun untuk New CB150R generasi terbaru kabarnya pihak AHM telah melakukan perbaikan dengan menambahkan besi kecil dibagian bawah persilangan X tersebut dengan tujuan sebagai penguat tambahan. Bagi anda yang kebetulan memiliki motonya coba cek juga bro…

0 Komentar untuk "Banyak Rangka CB150R Patah Dibagian Ini, Kok Bisa Ya !!!"