2 Cara Membuat Lampu Rem Berkedip di Semua Motor dan Mobil

Lampu belakang atau biasa kita kenal dengan lampu rem merupakan lampu penerang bagian belakang agar terlihat dimalam hari sekaligus menjadi tanda kalau kendaraan kita melambat atau berhenti. Normalnya lampu belakang akan menyala terang redup dalam artian akan lebih terang saat direm, dan kembali redup pada posisi lampu senja. Namun jika kita lihat, sekarang ini banyak motor dan mobil dijalanan yang lampu belakangnya dimodifikasi dimana cahayanya menjadi berkedip – kedip saat direm serta ada juga yang terus kedap kedip saat lampu senja. Nah mungkin yang jadi pertanyaan anda, bagaimana cara membuat lampu rem tersebut bisa kedap – kedip ?

Cara membuat lampu rem motor berkedip

Cara membuat lampu rem motor dan mobil berkedip sangatlah mudah, jika anda masih awam bisa menggunakan salah satu cara berikut ini.

Mengganti bohlam lama dengan LED Kedip

Cara yang pertama ini yang paling mudah, anda tinggal mengganti lampu belakang bawaan motor dengan LED tipe kedip. Tinggal main ke bengkel atau toko variasi motor dan cari LED rem kedip yang kaki lampunya sama dengan bawaan motor . Untuk motor saat kebanyakan bayonet 2 kaki. Cari yang jumlah mata lednya banyak agar penerangannya bagus. Jika mika motornya merah, cari yang warna LED nya putih agar sinar yang dihasilkannya maksimal, begitupun sebaliknya jika warna mika remnya bening cari LED nya yang berwarna merah agar mematuhi peraturan lalu lintas dan tidak membahayakan pengendara lain dibelakang.

Ini contoh lampu LED kedip 3 mata berlensa terpasang di mika bening


Yang harus diperhatikan jika motor anda keluaran tahun lama biasanya kelistrikan masih (AC), maka saat dipasang lampu rem akan nyala berkedip tapi lampu senjanya tidak menyala. Solusinya mau tidak mau jika ingin menyala harus merubahnya dulu, dalam hal ini jalur kelistrikan untuk lampu senja harus ikut jalur aki misalnya dengan cara menjumper ke kabel kontak atau flasher sein. Kalau anda memasangnya dibengkel minta sekalian rubah saja.


Menggunakan flasher elektrik

Cara membuat lampu rem berkedip menggunakan flasher ini kebanyakan dipakai oleh motor-motor keluaran terbaru yang memang bawaan lampu belakangnya LED tapi ingin berkedip. Flasher yang biasanya dipakai untuk membuat lampu sein kedap kedip ternyata bisa juga dipakai untuk membuat kedap kedip lampu rem, apalagi flasher elektrik yang digunakan bisa juga disetel kecepatan kedipannya seperti merk CR7, pastinya kedipan lampu rem bisa disesuaikan dan bikin tampil beda.

Motor anda yang lampu belakangnya sudah pakai LED variasi non kedip tapi jadi ingin berkedip saat di rem bisa juga menggunakan cara ini daripada beli LED baru. Namun untuk motor yang lampu remnya masih menggunakan bohlam tidak dianjurkan memakai cara ini karena nanti bohlamnya akan cepat putus. Untuk cara pemasangannya bisa langsung lihat di Youtube agar lebih mudah mempraktekannya.

Demikian 2 cara membuat lampu rem berkedip, semoga informasinya bisa bermanfaat.

0 Komentar untuk "2 Cara Membuat Lampu Rem Berkedip di Semua Motor dan Mobil"