Step by Step Cara Pasang Undertail di Motor Vixion

Hai bro, berbicara mengenai modifikasi di motor Vixion memang tidak ada habisnya, selalu ada aja aksesoris motor ini yang membuat pemiliknya selalu ingin melakukan modifikasi. Salah satu bagian yang sering dilakukan modifikasi yaitu bagian buritan / buntut dengan menghilangkan spakbor belakang bawaan diganti dengan undertail atau ada juga yang menyebutnya dengan selancar. Tujuannya tiada lain dan tiada bukan yaitu agar penampilan motor semakin racy. Memang sih untuk Vixion generasi terbaru atau motor lainnya seperti Xabre dan New CB150R spakbornya bisa dilepas sehingga tidak perlu undertail, berbeda dengan NVL, NVA, Old Vixion harus pasang undertail dulu untuk melepas spkabor kecuali memotong spakbornya itu sendiri :D

Saya pun selaku pengguna NVL ikut – ikutan tergiur ingin memasang undertail tersebut. Lanjut cari – cari di toko online, ternyata ada beberapa bentuk dari yang harganya mahal sampai yang murah. Tentu saja yang harganya mahal pasti ada kelebihan, misalnya saja merk VND bagian dalam bagasinya sama persis seperti spakbor bawaan Vixion sehingga saat undertail dipasang bagian bagasi tidak acak – acakan karena penempatan aki dan sensor – sensor sama dengan bawaannya.

Setelah memilih – milih dan melihat juga isi dompet, pilihan hati jatuh pada undertail  harga paling murah yaitu undertail merk Nemo. Undertail Nemo ini sebenarnya ada 2 bentuk, yang satu mika lampu seinnya warna merah posisinya dekat dengan stoplamp dengan lubang kunci disamping, bentuknya seperti berikut.



Sedangkan yang saya beli yang mika seinnya warna bening smoke posisinya agak dalam dengan lubang kunci ditengah,  bentuknya seperti berikut ini.


Hanya saja untuk kelengkapan braket dudukan aki sepertinya kurang, serta 1 lagi untuk dudukan ECU pun tidak ada. Maklumlah saya beli dengan harga 125 ribu, padahal dilapak lainnya harganya lebih mahal mungkin berdasarkan kelengkapannya juga.

Saya sendiri memilih undertail nemo bentuk ini  karena terdapat dudukan baut sama seperti spakbor bawaan untuk mengikat ke rangka agar undertail tidak melorot, dudukannya seperti berikut :



Ditambah, yang model ini ada space yang lumayan luas dibagian dekat stoplamp untuk tempat memasang spakbor variasi jika suatu saat bosan dan menghindari tilang polisi jika dibawa keluar kota.



Cara pasang undertail nemo di new vixion

Proses pemasangan undertail tersebut saya lakukan sendiri, adapun tahapannya seperti biasa dari mulai membongkar body bagian samping dan perintilannya, melepas aki, ECU,  berikut sensor , hingga melepas spakbor bawaan.









Cara pasang undertail nemo vixion





Karena braket untuk tempat aki kurang, terpaksa sementara diakali dulu pakai plat seadanya yang penting bisa nempel.




Terakhir pasang ECU dan komponen lainnya seperti semula. Untuk dudukan ECU, saya buat sendiri dari plat aluminium.


0 Komentar untuk "Step by Step Cara Pasang Undertail di Motor Vixion"