Kunci Gitar Bm (Chord B Minor) Temudah Dan Gampang Bagi Pemula

Belajar kunci gitar Bm (B Minor) adalah judul postingan terbaru 2020 kali ini sekaligus menjadi pembahasan lanjutan secara spesifik dari postingan mengenai kunci gitar Am sampai Gm yang sebelumnya pernah saya share. Disini saya bikin lagi artikelnya karena sepertinya masih banyak yang belum bisa memainkan chord gitar Bm tersebut terutama dalam penempatan jari ditiap senarnya. Mungkin yang jadi pertanyaan kamu saat ini, bagaimana kunci gitar Bm yang mudah untuk pemula ?

Kunci gitar Bm adalah salah satu kunci dasar nada minor yang sering digunakan dan tentunya banyak juga ditemukan juga pada lagu – lagu yang ingin kamu mainkan. Bagi pemula yang baru belajar gitar, chord gitar ini tergolong susah seperti halnya kunci F karena ada beberapa senar yang harus ditekan berbarengan dengan hanya menggunakan satu jari (barre). Hal Itu disebabkan karena jari belum terbiasa dan masih kaku dalam penempatannya sehingga jari pun sering meleset tidak menekan pada senar di fret yang semestinya. Kalaupun pas, kadang suaranya malah sumbang karena jari tidak menekan dengan benar. Karena saking susahnya, banyak juga yang sering bertanya apakah ada pengganti kunci Bm tersebut ?

Jika kamu belum bisa kunci gitar Bm, tapi ingin sekali memainkan lagu yang didalamnya ada kunci tersebut. Caranya dengan menurunkan atau menaikan nada. Misalnya lagu yang anda nyanyikan kunci gitarnya D A Bm F#m G D, maka tinggal kamu turunkan saja nadanya menjadi C G Em Am F C atau naikan menjadi E B Cm Gm A dengan menyesuiakan juga vocal kamu agar bisa masuk dengan kunci dasar tersebut. Silahkan pelajari juga tangga nada agar kamu lebih mengerti.

Itu hanya alternative, karena tidak semua lagu kunci gitarnya seperti itu. Bisa saja didalam lagu tersebut terdapat juga kunci gitar keduanya (Bm dan Em, dan disana kamu pun harus bisa menurunkan atau menaikan kedua nada tersebut jika tidak mau menggunakan kunci gitar Bm.

Nah dibawah ini telah saya buatkan 3 gambar kunci gitar Bm dari yang sulit / susah hingga paling mudah. Silahkan ikuti dan praktekan mudah – mudahan dapat dipahami.

1. Kunci gitar Bm (Gantung / Palang / Balok)

Dibentuk dengan menggunakan 3 jari, yaitu :
  • Jari telunjuk menekan semua senar di fret 7 dengan cara dipalang.
  • Jari manis menekan senar 5 di fret 9
  • Jari kelingking menekan senar 4 di fret 9
Kunci gitar Bm bentuk ke 1 ini sangat cocok dipakai untuk mengiringi lagu beriramakan reggae atau dangdut agar mendapatkan nada putus - putus. Adapun bentuknya seperti ini :

Chord kunci gitar Bm gantung balok palang




2. Kunci gitar Bm (yang umum digunakan)

Ini kunci gitar yang biasa digunakan. Dibentuk menggunakan 4 jari :

  • Jari telunjuk menekan senar 1-5 di fret 2 dengan cara dipalang 
  • Jari tengah menekan senar 2 di fret 3
  • Jari manis menekan senar 4 di fret 4
  • Jari kelingking menekan senar 3 di fret 4
Chord kunci gitar Bm





3. Kunci gitar Bm versi mudah (untuk pemula)

Nah yang terakhir ini cocok untuk pemula. Bentuknya masih sama dengan yang kunci Bm (2). Bedanya jari telunjuk hanya digunakan untuk menekan 1 senar di fret 2 dan sisanya masih sama dengan yang atas. Karena kunci Bm (2) bisa disebut juga kunci gantung yang mungkin akan terasa sulit bagi pemula karena jari telunjuk belum kuat untuk menekan semua senar . Maka perubahan jari telunjuk yang hanya menekan 1 senar ini memunginkan pemula lebih mudah mempraktekannya. Bentuknya jadi seperti ini :

Chord kunci gitar Bm yang mudah untuk pemula belajar


Masih belum paham, lanjut nih lihat juga videonya !!!



1 Komentar untuk "Kunci Gitar Bm (Chord B Minor) Temudah Dan Gampang Bagi Pemula"

niken swastika mengatakan...

Terima kasih infonya sangat bermanfaat, kunjungi juga website kami di http://elevenguitarsshop.com/
sukses selalu :)