Inilah Beberapa Khasiat Manfaat Daun Sintrong

Hai sobat Sumedang Sharing, bagi anda orang pedesaan yang tinggal di sekitar pegunungan atau lingkungan yang banyak terdapat sawah, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama tanaman yang satu ini. Ya tanaman Sintrong, banyak orang mengatakan kalau tanaman ini termasuk gulma yang menggangu tumbuhnya tanaman tertentu yang sering dibasmi oleh para petani, namun ada juga disebagian daerah menggunakan daun sintrong sebagai lalapan untuk teman sambal. Namun siapa sangka dibalik buruknya predikat tersebut, tanaman sintrong ternyata mempunyai beberapa khasiat dan manfaat penting bagi kesehatan anda. Penasaran kan ? maka dari itu simak terus informasinya berikut ini.

Khasiat Manfaat Tanaman Daun Sintrong Kesehatan

Sekilas mengenal terlebih dahulu tanamannya. Sintrong mempunyai nama latin Crassocephalum Crepidioides yang masuk kedalam keluarga Asteraceae. Ciri tanaman sintrong yaitu tumbuh tegak dengan ketinggian bisa sampai 1 meter, daunnya berbentuk bulat telur memanjang, dan mempunyai mahkota bunga berwarna kekuningan. Ada beberapa penyakit tertentu yang dapat dicegah dan diobati secara alami menggunakan daun sintrong diantaranya :
  1. Penyakit demam.
  2. Radang amandel.
  3. Pusing dan sakit kepala
  4. Gangguan pada perut (maag, nyeri, dan sebagainya).
  5. Luka agar cepat sembuh.
  6. Sebagai antiradang
  7. Tonikum
  8. Obat cuci perut
  9. Eksim
Pada penyakit tertentu, cara penggunaan daun sintrong untuk dijadikan obat alami ini cukup anda sediakan beberapa helai daun sintrong yang masih segar. Tumbuk hingga halus dan rebus dengan menggunakan air secukupnya. Jangan lupa tambahkan garam dapur dan minum air rebusan tersebut selagi hangat.

Namun hati - hati !!! jangan sampai anda mengkonsumsi daun sintrong secara berlebihan atau terus menerus. Info yang saya dapat, katanya dapat menyebabkan kerusakan hati dan memicu penyakit tumor.
Advertisement

0 Komentar untuk "Inilah Beberapa Khasiat Manfaat Daun Sintrong"