LCD Goomy Laptop Bercak Putih di Layar (White Spot)

Tulisan kali ini saya ingin share mengenai salah satu permasalahan pada laptop yaitu LCD goomy dimana terdapat bercak putih dilayar (white spot). Lcd goomy ini sebenarnya tidak mempengaruhi kinerja laptop itu sendiri, hanya saja merusak tampilan di layar laptop kesayangan kita, layar laptop jadi penuh dengan titik titik yang lebih terang,

Berbeda dengan dead pixel atau bright pixel, titik terang si Goomy ini berbentuk besar. Mungkin karena yang jadi kerusakannya bukan dari pixel lcd melainkan dari panel backlightnya, salah satu bagian yang rusak akan terlihat lebih terang dari bagian normal lainnya. Akan sangat jelas terlihat ketika menggunakan background warna putih, noda nodanya seperti panu dikulit.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, penyebab LCD goomy ini lebih ke usia pemakaian LCD laptop itu sendiri. Jadi semakin tua laptop anda maka akan semakin besar kemungkinan terkena masalah ini. Disini saya pemakai laptop as*s, tapi tidak tahu juga ketahan LCD laptop merk lainnya. Penyebab lain LCD Goomy ini yaitu karena adanya jamur atau bisa juga terkena benturan di area LCD / bagian yang berhubungan langsung dengan layar.

LCD Goomy Laptop Bercak Putih di Layar White Spot

Lihat juga videonya di Youtube




Cara mengatasi dan memperbaiki LCD goomy kembali lagi kepada penyebabnya. Kalau diakibatkan jamur cukup dengan membersihkan bagian dalam lcd menggunakan solatip bening. Namun jika tetap tidak hilang seperti kasus saya diatas tidak lain dan tidak bukan yaitu harus mengganti LCD dengan yang baru. 

2 Komentar untuk "LCD Goomy Laptop Bercak Putih di Layar (White Spot) "

Afid Arifin mengatakan...

Apakah berbahaya?

$cocoper6 mengatakan...

Owh intinya gak mengganggu kinerja laptop ya, oke² makasih infonya