Penyebab Dead Pixel dan Stuck Pixel di Android, Iphone, HP lainnya

Tulisan kali ini ingin membahas mengenai dead pixel dan stuck pixel, salah satu kerusakan pada layar LCD yang bisa menimpa semua gadget termasuk hp Smartphone Android dan Iphone. Sebelumnya apa anda tahu apa itu dead pixel dan stuck Pixel serta apa yang jadi penyebabnya ?

Penyebab Dead Pixel Stuck Pixel Pada Android, Iphone, dan layar HP smartphone lainnya

Perbedaan dari keduanya, Dead pixel sendiri adalah kondisi dimana ada titik dalam LCD yang mati sehingga titik tersebut tetap gelap meskipun anda merubah background dengan warna apapun. Lain halnya dengan Stuck Pixel anda akan menemui satu, dua, bahkan banyak titik dalam LCD yang menampilkan warna yang tidak semestinya. Contohnya saja jika anda membuka gambar background warna full hitam, maka akan ditandai beberapa titik yang dalam LCD yang malah menampilan warna lain, bisa saja merah, hijau, biru, dan warna lainnya. Begitupun jika menggunakan warna background full putih maka akan muncul juga beberapa titik warna selain putih.

Dead pixel dan Stuck Pixel ini terjadi karena adanya kerusakan dalam transistor atau bisa juga distribusi cairan yang tidak merata kedalam kristal cair display. Penyebab dead pixel dan stuck pixel pada Android, Iphone, dan layar smartphone lainnya yaitu karena sering terkena benturan keras entah karena terjatuh atau hp sering tertekan dibagian LCD nya. Penyebab lainnya yaitu karena memang cacat produksi bawaan dari sananya.

Apakah dead pixel dan stuck pixel ini berbahaya ?

Kerusakan layar ini tidak berbahaya hanya saja mengganggu penampilan saat membuka gambar, apalagi jika anda termasuk orang yang detail. Nah bagi anda yang sering membeli ponsel second, sebisa mungkin periksa secara menyeluruh bagian LCD nya dengan cara setting cahaya latar layar secara maksimal kemudian tes menggunakan background berbagai warna. Ponsel baru pun tidak menutup kemungkinan kadang ada yang mendapat dead pixel di layarnya karena cacat produksi, seperti pengalaman dulu saat membeli Lenovo A6000 ada 1 stuck pixel berwarna hijau, untungnya waktu itu masih bisa ditukar unit baru karena masih masuk dalam masa garansi toko. 

0 Komentar untuk "Penyebab Dead Pixel dan Stuck Pixel di Android, Iphone, HP lainnya"