Tips Cara Belajar Drum Bagi Pemula Secara Otodidak Baik & Benar

Tips belajar bermain drum secara otodidak – apakah anda suka musik? Jika iya berarti anda tahu jika dalam bermusik, ada beberapa instrument musik yang digunakan sehingga menghasilkan melodi dan nada yang enak didengar. Salah satu instrument musik yang banyak digemari adalah drum. Alasan mengapa drum banyak digemari dan ingin dipelajari oleh banyak orang tentu saja berbeda-beda. Mempelajari drum tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Perlu keuletan dan kerja keras untuk dapat mahir bermain drum sama seperti belajar gitar.

Bekerja keras dan ulet saja belum tentu dapat mengantarkan kita untuk mahir bermain drum. Selain kedua hal tersebut, kita juga perlu melakukan proses yang tepat. Berbicara mengenai proses dan tahapan bermain drum, ada beberapa tips cepat mahir bermain drum yang dapat coba dipraktekkan oleh Anda yang berminat menguasai permainan dan teknik drum. Ingin tahu apa saja proses dan tipsnya? Silahkan simak beberapa poin di bawah ini, antara lain :

Tips Cara Belajar Drum Bagi Pemula Secara Otodidak Yang Baik Dan Benar Agar Hasilnya Bagus

Belajar dari buku tutorial untuk pemula

Dalam bermain drum, ada beberapa dasar yang harus kita kuasai terlebih dahulu. Mengenal tangga nada, pengaturan tempo, hingga cara memegang stik drum yang benar adalah syarat mutlak yang harus kita kuasai jika ingin mahir bermain drum.


Belajar dari video di Internet

Era teknologi dan informasi yang saat ini sedang menggeliat secara tidak langsung memberikan kita kemudahan dan banyak tips untuk belajar main drum. Begitu banyak video belajar yang diunggah ke situs atau web belajar. Anda dapat memilih video belajar yang mengajarkan dasar-dasar bemain drum, seperti teknik memukul, cara memegang stik yang benar dan belajar tempo.


Carilah drum set yang bisa digunakan

Belajar melalui buku atau menonton video tidak akan langsung membuat kita bermain drum. Meminjam istilah orang luar “Practise Makes Perfect” yang maksudnya, belajar tanpa melakukan latihan tidak akan banyak berguna, banyak melakukan latihan yang akan membuatnya sempurna. Oleh karena itu, usahakan untuk memiliki drum set (bekas pun tidak masalah) untuk dapat dipakai latihan. Dengan latihan yang tekun dibarengi dengan belajar dari banyak media, dijamin dalam waktu yang tidak lama, Anda akan mahir bermain drum.


Belajar dari perangkat lunak tutorial

Carilah software yang dapat membimbing kita untuk mengerti ketukan dan tempo entah itu aplikasi komputer ataupun smartphone seperti Android misalnya. Software tersebut dapat membantu menunjukkan ketukan dari sebuah lagu, dan ketukan yang kita masukkan untuk sebuah lagu. Jika telah mengerti langkah ini, kita selangkah lebih maju untuk mahir bermain drum.


Selain hal di atas, Anda juga harus siap secara fisik. Latihlah kekuatan tangan dan kaki dengan rutin melakukan olahraga. Olahraga juga akan menjadikan pernafasan Anda jauh lebih kuat dan teratur. Perlu diingat, memainkan instrument drum cukup menguras tenaga, oleh karena itu kesiapan fisik juga dibutuhkan.

Nah, itulah beberapa cara jitu mahir bermain drum yang dapat kita praktekkan. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat. Salam.

0 Komentar untuk "Tips Cara Belajar Drum Bagi Pemula Secara Otodidak Baik & Benar"