Tips Cara Kuat Bermain Futsal Paling Ampuh

Tips kuat bermain futsal -  olahraga, apapun bentuknya tentu tidak dapat dipisahkan dari yang namanya stamina. Ya, stamina adalah modal utama dalam berolahraga. Begitu pula jika kita berbicara mengenai olahraga futsal. Tahu futsal, kan? Stamina sangat berperan besar dalam permainan futsal. Mengapa? Futsal memang dilakukan di lapangan yang tidak begitu besar, namun pemain dituntut untuk dapat bergerak secara aktif, tidak boleh statis.

Pergerakan pemain yang dinamis ini tentunya membutuhkan stamina yang prima. Nah… Lalu bagaimana caranya meningkatkan stamina bagi Anda yang menggemari futsal? Berikut ini tips agar kuat bermain futsal bagi Anda, antara lain :

Tips Cara Kuat Bermain Futsal Paling Ampuh
  1. Berolahraga juga memiliki efek negatif, yaitu merusak otot. Akan tetapi otot yang rusak tersebut dapat dipulihkan dengan istirahat atau tidur di malam hari. Oleh karena itu cukupkan waktu tidur agar Anda memiliki cukup waktu untuk recovery atau pemulihan.
  2. Pola minum sangat berperan dalam permainan futsal. Pola minum yang baik akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Jika kita malas minum, tentu rasa lemas, letih, linglung dan bahkan paling parahnya pingsan akan sangat mengganggu. Oya, sekedar saran, air kelapa juga baik bagi yang suka bermain futsal karena ion-ion dalam air kelapa akan menggantikan dengan cepat cairan yang keluar melalui keringat.
  3. Usahakanlah makan minimal 2 jam sebelum bermain futsal. Kenapa? Jika jarak waktu makan dan bermain futsal terlalu dekat, dipastikan akan mengganggu performa bermain futsal Anda. Coba bayangkan saat bermain futsal tiba-tiba perut terasa panas, atau pergerakan jadi sulit karena mobilitas tubuh terbatas.
  4. Resiko cidera dapat dikurangi dengan melakukan pemanasan yang cukup. Sisihkanlah waktu sekitar 10 menit untuk melakukan pemanasan sebelum bermain futsal. Jenis pemanasan yang dapat dilakukan seperti peregangan otot, berlari-lari kecil, sprint jarak pendek, dsb.
  5. Tingkatkan latihan Anda secara bertahap. Misal, minggu pertama berlari selama 30 menit, minggu kedua 45 menit, minggu ketiga 60 menit. Mengapa harus begitu? Hal itu untuk meningkatkan endurance atau ketahanan fisik Anda. Kombinasikan juga dengan latihan sprint karena dalam bermain futsal juga sering terjadi adu sprint. Buatlah aturan untuk diri sendiri, misal jika Anda berlari 30 menit, pada menit ke 10 lakukanlah sprint selama 3-5 menit, lalu setelah itu kembali pada kecepatan normal berlari. 
  6. Tips kuat bermain futsal yang terakhir, bermainlah dengan mengandalkan kerja sama tim. Dengan kerja sama tim, energi dan stamina dapat dihemat karena pergerakan Anda harus efektif. Hindarilah bermain individu karena akan menguras stamina.

Nah, bagaimana kawan-kawan? Semoga tips di atas bermanfaat!

0 Komentar untuk "Tips Cara Kuat Bermain Futsal Paling Ampuh"