Cara Mengganti Bearing Underbone, Pilih Laher Kode 608RS !!!

Footstep racing atau lebih kita kenal dengan sebutan underbone adalah footstep variasi yang biasanya diaplikasikan pada motor sport berstang pendek (stang jepit) seperti CBR, R15, GSX dan lainnya untuk mengimbangi posisi berkendara yang cenderung menunduk. Namun motor naked seperti Vixion, CB150R, Xabre, Byson, termasuk bebek sport seperti MX King, Satria F, Sonic, dan Supra GTR pun banyak juga yang memakai footstep jenis ini agar terlihat lebih racy. Footstep underbone ini adakalanya akan mengalami oblak dibagian tuasnya karena bagian tersebut terdapat bearing yang sudah tentu ada umur pakainya, jika sudah aus atau rusak, tentu akan oblak seperti bearing pada bagian roda. Kabanyakan yang sering mengalami oblak yaitu cungkilan persneling gigi karena bagian tersebut lebih sering dipakai dibandingkan dengan tuas rem.

Footstep underbone yang biasanya sering terjadi oblak yaitu tipe M Sato , entah itu dari merk NUI, Fast Bikes, VND, IBAD, Agras,  dll. Penampakannya seperti dibawah ini

Underbone vixion oblak

Itu adalah footstep underbone Vixion merk Fast Bikes tipe M-Sato V1. Jika underbone yang anda gunakan bentuknya sama persis seperti diatas, sudah dipastikan ukuran bearingnya sama meskipun beda merk dan beda motor. Untuk underbone tipe Monster pun sama yakni memakai bearing ukuran seperti tipe M- Sato tersebut.

Nah bagi anda yang mengalami oblak dibagian tuas persneling ataupun rem, bisa memperbaikinya dengan cara mengganti bearing baru ukuran 608. Namun bearing 608 nya pilih yang tipe RS (Rubber Shield) seperti dibawah ini, merknya bebas terserah anda kalau saya pilih NKN Japan biar lebih awet.


Ukuran / Kode Bearing Underbone

Kode akhiran RS ini artinya bearing tersebut bertutup karet bagian pinggirannya, jadi lebih awet karena air tidak gampang masuk kedalam. Berbeda dengan 608 zz yang pernah saya gunakan, lapisan luarnya seng  sehingga bearing gampang oblak karena air mudah meresap kedalam.

Perbedaan bearing 608 RS dan 608 ZZ

Ukuran Kode Bearing Underbone



Cara melepas bearing underbone

Cara mengganti bearing underbone ini pun sangat mudah, kita tinggal lepas terlebih tuas / cungkilan dari footstepnya. Kemudian getok bearing dari posisi ini.

Cara melepas bearing underbone


Jangan lupa bawahnya diberi alas 2 kayu serta beri celah bagian tengahnya agar bearing tidak tertahan saat digetok. Selanjutnya getok perlahan menggunakan batang besi.

Cara bongkar getok bearing laher underbone

Setelah keluar masukan bearing baru , jangan lupa beri gemuk terlebih dahulu rumah bearing agar memasukannya lebih gampang.

Cara Mengganti Bearing Underbone, Pilih Bearing 608RS !!!

Getok sampai mentok dan pasang kembali cungkilan seperti semula. Gampang kan ?? selamat mencoba.


0 Komentar untuk "Cara Mengganti Bearing Underbone, Pilih Laher Kode 608RS !!!"