Cara Ganti Oli Motor Vixion Sendiri Bermodal Kunci Shock dan Gegep

Hai bro, ganti oli kendaraan memang salah satu hal yang wajib dilakukan semua pemilik kendaraan bermotor tak terkecuali pemiliki motor Vixion, entah itu vixion old, vixion new NVA (Vixion Advance) dan NVL (Vixion Lightning), maupun vixion R. Sebab jika motor vixion anda telat ganti oli melebihi batas yang ditentukan maka seiring waktu komponen dalam mesin akan mengalami kerusakan, sebut saja ring piston dan blok sehernya  yang akan akan kena sehingga motor ngebul dan tenaga berkurang drastis. Kalau udah begitu bisa jajan banyak seperti yang dialami motor NVL saya, penyebabnya bukan karena telat ganti oli sih, tapi memang bawaan dari lahir karena kualitas ring sehernya jelek.

baca juga : Biaya ganti ring piston dan blok seher vixion agar tidak ngebul

Ganti oli biasanya dilakukan dibengkel namun jika anda ingin menggantinya sendiri dirumah itupun sangat mudah. Asal punya peralatan kunci untuk membukanya dan keberanian membongkar tentu hal itu bukan sesuatu yang sulit. Terlebih di zaman teknologi saat ini semua tutorial ada di internet, mau berbentuk artikel maupun video di Youtube semuanya memudahkan kita untuk belajar. Termasuk artikel yang saya tulis kali ini tentang cara mengganti oli motor vixion :D

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin mengganti oli motor sendiri dirumah yaitu usahakan motor didiamkan terlebih dahulu agar oli dalam mesin benar – benar turun. Saya sendiri jika akan ganti oli , maka didiamkan dulu semalaman lalu pada pagi harinya barulah diganti. Sebelum eksekusi siapkan terlebih dahulu
peralatannnya :
  • Oli motor yang sesuai spesifikasi motor Vixion (10W -40) 1 liter, terserah merknya mau apa
  • Kunci shock ukuran 19
  • Gegep / tang
  • Wadah penampungan oli

Cara mengganti oli motor vixion


  • Standar tengah dulu motornya bro
  • Simpan wadah penampungan oli dibawah lubang
  • Kemudian buka baut pembuangan oli. Gunakan kunci shock saat membukanya untuk menghindari  kepala baut menjadi gundul. Perhatikan juga arah putaran membuka baut oli tersebut, tetap kekiri seperti membuka baut pada umumnya (lihatnya dari bawah). Jangan membuka baut dalam keadaan mesin panas karena banyak kejadian bautnya patah.
  • Olipun mengucur,
  • Buka juga baut tap oli menggunakan gegep, balut kain agar tidak rusak
  • Tunggu hingga oli keluar semua. Sebagai ganti compressor, tiup lubang oli bagian atas dan miringkan motor kekiri selama beberapa detik dan kembalikan ke posisi semula. Maka oli akan mengucur lagi 
  • Setelah itu tutup lagi lubang baut pembuangan oli dan kencangkan. Jangan lupa saringannya dipasang juga. Bagi anda yang lupa posisinya seperti ini. 
  • Tuangkan oli dan tutup. 


Sangat mudah bukan ? proses pergantian oli mesin ini juga bisa sambil mengganti filter olinya. Jangan sampai telat menggantinya, jadwal untuk ganti oli mesin maksimal 2000 KM dan untuk Filter Olinya maksimal 6000 KM.

baca : Cara mengganti filter oli motor vixion

Jadi jika anda bertanya berapa bulan sekali gantinya, maka mengikuti pemakaian KM saja. Untuk amannya sih di 1500 KM karena jika sudah menempuh segitu motor pun terasa tidak enak. Entah dari suaranya yang kasar ataupun saat perpindahan gigi yang tidak lembut.

0 Komentar untuk "Cara Ganti Oli Motor Vixion Sendiri Bermodal Kunci Shock dan Gegep"