Biaya Ganti Ring Piston Dan Blok Seher Vixion Agar Tidak Ngebul

Halo pembaca blog Sumedang Sharing, dalam tulisan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai biaya ganti ring piston motor vixion penyebab ngebul putih saat digeber pada rpm tinggi. Berapakah biayanya ?

Biaya ganti ring piston vixion


Ceritanya di KM yang sudah menginjak kurang lebih 76.000 NVL  saya pun minta diganti ring pistonnya karena sudah menunjukan gejala knalpot ngebul pekat pada saat digeber geber di RPM 5000 terlebih saat gas disentak. Ini selain karena ring sehernya yang sudah lemah kemungkinan seal klepnya juga yang sudah minta ganti karena tiap dihidupkan  knalpot pun sama ngebulnya.

Pergantian saya lakukan di bengkel resmi yamaha Ramarayo Tanjungsari Sumedang. Setelah berkonsultasi dengan bagian sparepart untuk menanyakan ketersedian ring piston dengan kode 3C1, teryata partnya tersedia yaitu piston kit dengan kode 3C1-WE160-00. Jadi bukan ring pistonnya saja, melainkan sudah sepaket dengan piston dan part lainya. Sedangkan untuk blok silindernya bawa sendiri hasil indent di bengkel resmi lain.

Motor vixion turun mesin servis besar ganti ring piston blok seher


Mekanik bengkel Yamaha pun menjelaskan, kini jika kita ingin mengganti ring piston vixion entah itu vixion old, NVL, NVA  jatuhnya akan menggunakan kode 3C1 (piston kit), sedangkan jika ingin mengganti  sekalian blok sehernya, untuk old vixion akan dikasih blok seher yang berkode 1PA sama seperti blok bawaan NVL karena blok seher untuk old vixion yang berkode 3C1 sudah tidak diproduksi lagi. Sedangkan untuk NVA sendiri menggunakan blok seher berkode 2PV sama halnya seperti MX King. Namun pengguna old vixion dan NVL  pun bisa menggunakan blok seher NVA asalkan diganti juga tonjokan rantai ketengnya (tensioner) karena berbeda.

Nah kembali pada judul, berapa sih biaya ganti ring piston vixion berikut blok sehernya ? berikut ini harga dari masing – masing part dan jasa servis besarnya.

Lihat juga : Cara membuat vixion lari lebih kencang dan tarikannya enteng

Servis besar yang saya lakukan meliputi ganti piston kit, blok silinder berikut paking atas dan bawahnya, klep 4 buah, seal klep, air radiator, oli yamalube, filter oli, serta o-ring di bagian waterpump. Setelah di jumlahkan biayanya sektar 1 juta 233 ribu dengan detailnya sebagai berikut :

Biaya servis besar vixion di bengkel resmi yamaha



Biaya ganti blok seher vixion


Biaya ganti ring piston nvl




  • Biaya servis besar = 120.000
  • Piston KIT = 333.000
  • Blok Seher = 358.000
  • Paking / Gasket atas dan bawah = 41.000
  • Seal Klep 4 Buah = 36.000
  • Klep 4 Buah = 222.000
  • O-ring = 9000
  • Air radiator Yamacoolant = 39.000
  • Oli Yamalube = 48.000
  • Filter oli = 27.000

Biaya turun mesin vixion di bengkel resmi yamaha


Hasilnya suara mesin pun jadi adem kembali seperti baru dan ngebul diknalpot pun sirna. 


0 Komentar untuk "Biaya Ganti Ring Piston Dan Blok Seher Vixion Agar Tidak Ngebul"