Cara Membuka dan Melepas Baut Cakram Vixion Yang Benar Anti Patah

Hai bro, cara membuka baut piringan cakram motor vixion tidak semua orang bisa melakukannya, karena motor – motor produk Yamaha umumnya dilapisi lem dibagian drat baut cakramnya dengan tujuan agar aman tidak  mudah terlepas. Jadi sangat susah dibuka untuk pertama kalinya, meskipun anda memiliki peralatan lengkap untuk membongkar, kadangkala masih ragu karena banyaknya kejadian baut yang slek, dol, atau bahkan hingga patah didalam. Memang benar, jika anda salah dalam proses membuka baut piringan cakram tersebut, bisa – bisa bautnya nya malah doll terlebih jika kunci L yang digunakannya merk abal – abal dijamin bakalan melintir dan gagal. Nah dalam postingan kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman cara membuka baut piringan cakram tersebut, kebetulan motor saya NVL atau singkatan dari New Vixion Lightning, ini berlaku juga untuk vixion lainnya seperti Old Vixion, Vixion Advance NVA, atau All New Vixion dan Vixion R. Saya membuka baut piringan cakram depan ini dilatar belakangi ingin mengganti piringan cakram variasi yang lebih lebar. Apakah tujuan anda sama dengan saya ? hehehe

Cara melepas baut piringan cakram vixion

Proses membuka baut cakram vixion memang sedikit berbeda dengan baut motor Honda yang juga pernah saya miliki. Langkah awal yang kita lakukan yaitu memukul – mukul terlebih dahulu baut cakramnya agar lem didalamnya rontok.  Bisa juga dengan cara memanaskan terlebih dahulu bautnya menggunakan api las agar lemnya jadi cair. Tapi saya memilih teknik memukul ini, karena selain malas ke bengkel las,  memanaskan baut cara di las tersebut takutnya malah patah saat dimana baut dibuka dalam kondisi panas serta merusak velg.

Adapun peralatan yang saya gunakan pun cukup sederhana, antara lain :
  • Kunci L pendek ukuran 6 (merk Tekiro). Saya sarankan pakai merk Lippro atau Tekiro tapi yang gagangnya panjang agar lebih mudah. Namun lebih baik lagi kalau pakai kunci L Hex Bit Socket Lippro yang disambungkan gagang kunci sock ukuran ½ inc jadi sekalian bisa digetok pada kunci L nya.
Kunci L untuk membuka baut piringan cakram motor vixion
Lippro vs Tekiro

  • Palu (untuk memukul baut). Saya sendiri pakai kapak bagian ratanya karena tidak memiliki palu  :D
  • Pipa besi / kunci ring jika tidak ada (untuk menyambung gagang kunci L agar lebih enteng membukanya) 



Proses Membuka Baut Piringan Cakram Vixion :

  • Pertama, silahkan anda pukul – pukul terlebih dahulu baut cakramnya dengan palu agar lem didalamnya rontok, lakukan beberapa kali hingga pasti. Saya sendiri tidak melepas roda, proses memukul tersebut dilakukan dalam kondisi roda masih terpasang. Tinggal geser roda agar ada celah untuk bisa memukul bautnya. Lakukan dengan hati – hati agar tidak memukul bagian lain seperti tabung shock dan piringan cakram. Namun jika anda ragu silahkan lepas saja rodanya, dan lakukan sebisanya.
Baut piringan cakram motor vixion di pukul pakai palu agar lem rontok

  • Setelah dipukul lanjut dengan memasukan kunci L hingga pas dan jangan sampai miring. Sambung kunci L tersebut dengan pipa besi / kunci ring kemudian buka dengan cara dihentak sampai ada bunyi “krek” pertanda baut telah berputar. Pukul – pukul lagi baut agar remnya semakin rontok lalu putar kembali.
  • Tips saat membuka, lakukan dengan cara dihentak penuh tenaga dan jangan sampai anda ragu – ragu karena nanti baut cakramnya yang malah dol menjadi bundar tidak berbentuk segi 6 lagi. Dan jangan sampai anda pakai kunci L abal – abal dijamin bakal melintir. Ini juga salah satu alasan saya kenapa tidak melepas roda saat membuka, karena lebih gampang ibarat ada yang megangin dan saya tinggal fokus untuk membuka sambil menekan velg agar tidak ikut berputar, maklum bro prosesnya dilakukan sendiri diselingi sambil mengambil foto lagi :D

Cara membuka baut cakram vixion

Baut piringan cakram vixion


Baut

  • Jika telah berhasil membuka 1 baut, kemudian lanjut buka baut lainnya yang berlawanan (menyilang) agar tekanan rata dan lakukan kembali teknik tersebut.
  • Hasilnya, bisa anda lihat dibawah ini. Kelima baut berhasil terlepas dengan sempurna tanpa merusak baut cakramnya


Cara ini bisa juga dilakukan untuk membuka baut cakram belakang vixion untuk pertama kalinya yang masih ada lem dari pabrikan sehingga susah di lepas. Tidak perlu melepas roda saat membuka baut, tinggal sediakan celah untuk bisa memukul (samping bagian bawah arm) dan lakukan teknik diatas. Malah menurut saya membuka baut piringan cakram belakang sedikit lebih mudah dibanding baut depan karena lubang segi 6 nya sangat pas di kunci L serta tidak mudah dol. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !!!

0 Komentar untuk "Cara Membuka dan Melepas Baut Cakram Vixion Yang Benar Anti Patah"