Belajar Kunci Gitar Am, Bm, Cm, Dm, Em, Fm, Gm

Halo guys, bagi kamu yang belum hafal atau kebetulan lupa berbagai kunci gitar, maka dalam postingan terbaru 2020 kali ini mari belajar kembali berbagai macam chord gitar dasar nada minor diantaranya kunci Am, Bm, Cm, Dm, Em, Fm, dan Gm, lengkap dengan gambar bentuk dan letak posisi penempatan tiap jari pada senar serta fret / gripnya agar anda lebih mudah dalam mempraktekannya.

Tentu saja kunci dasar ini sangat wajib kamu kuasai, karena tahapan awal mahir bermain gitar salah satunya diawali dengan menguasai kunci gitar dasar, entah nada mayor maupun minor. Untuk yang bernada mayor telah saya bahas pada postingan sebelumnya yang berjudul : gambar bentuk dan kunci gitar A, B, C, D, E, F, G

Namun memang pada masa proses belajar kunci gitar ini kita harus memiliki rasa sabar, tidak mudah bosan, serta harus terus rutin untuk berlatih agar cepat bisa. Karena saya pun sama merasakannya dulu saat pertama kali belajar gitar, jika mudah bosan maka akan lama juga untuk bisanya, seperti pepatah mengatakan bahwa proses itu tidak akan menghianati hasil hehehe. Adapun kunci gitar yang menurut saya paling susah waktu itu yaitu kunci Bm, entah kenapa kunci ini sangat susah dibentuk, jari selalu kaku dan meleset ketika menekan senar. Saking susahnya, kadang banyak yang bertanya apakah ada pengganti kunci Bm ini ?

Selain harus hapal penempatan jarinya, saat bermain gitar anda juga harus mahir saat memindahkan penempatan jari dari satu kunci ke kunci lainnya dengan cepat. Selain itu jari tangan pun harus pas saat menekan senar - senarnya. Kalau tidak begitu maka suara yang dikeluarkan akan sumbang serta tidak mendapatkan nada yang dimaksud. Namun seiring waktu karena telah terbiasa maka itu bukan hal yang sulit, nanti juga otot – otot jari tangan akan lemas dan lihai dengan sendirinya.

Nah dibawah ini adalah daftar chord / kunci gitar dasar nada minor yang harus anda pelajari. Silahkan ikuti penempatan jari jemarinya sesuai nomor yang ada pada gambar.

Kunci Gitar Am ( A Minor )
chord kunci gitar am, a minor








Kunci Gitar Bm ( B Minor )
chord kunci gitar bm, b minor






Kunci Gitar Cm ( C Minor )
chord kunci gitar cm, c minor







Kunci Gitar Dm ( D Minor )
chord kunci gitar dm, d minor



Kunci Gitar Em ( E Minor )
chord kunci gitar em, e minor



Kunci Gitar Fm ( F Minor )
chord kunci gitar fm, f minor



Kunci Gitar Gm ( G Minor )
chord kunci gitar gm, g minor

Penjelasan Nomor 
  1. Menunjukkan jari telunjuk
  2. Menunjukkan jari tengah
  3. Menunjukkan jari manis
  4. Menunjukkan jari kelingking

Setelah menguasai semuanya, kini coba lanjut pelajari kunci variasinya : kunci gitar Am7 Bm7 Cm7 Dm7 Em7 Fm7 Gm7

Demikian pembahasan saya di chord gitar Am sampai GM. Akhir kata, selamat belajar dan semoga cepat mahir bermain gitar..!!!

3 Komentar untuk "Belajar Kunci Gitar Am, Bm, Cm, Dm, Em, Fm, Gm"

Unknown mengatakan...

Maaf kak G minor itu gmn ya yang no 1 semua senar ditekan ya

Website Administrator mengatakan...

Iya semua ditekan dgn cara memalangkan jari telunjuk

Hanna Sinaga mengatakan...

Makasih, sangat membantu