Tutorial cara meninggikan shock belakang vixion ini sebenarnya sudah banyak sekali yang membahasnya di blog - blog lain, akan tetapi tidak ada salahnya juga saya ikut membuat tutorialnya melalui tulisan ini, yah daripada blog Sumedang Sharing ini ga update sama sekali karena kebetulan juga saya lagi agak nyantai hehehe
2. Bagian besi bawah knalpot yang ada karet penahan standar tengah jadi menyentuh arm, Solusinya dengan sedikit melengkungkan bagian yang bersentuhan menggunakan kunci inggris atau tang.
3. Standar tengah masih aman soalnya ban belakang pas menyentuh tanah, akan tetapi standar samping jadi miring banget. Untuk standar samping solusinya dengan membuat lubang (dibor) dibagian tengahnya dan tambahkan jalu seperti gambar dibawah ini.
Nah bagi anda yang butuh conrod original Vixion bisa kunjungi lapak saya ditokopedia dengan alamat : https://tokopedia.link/9IE452izyP
Bagi pengguna motor vixion, entah itu vixion old (lama) ataupun new vixion, ada 2 juga yaitu new vixion lightning disingkat NVL dan new vixion advance disingkat NVA adakalanya kurang puas dengan ketinggian shock belakang standar dari pabrik dan ingin sekali melakukan sedikit modifikasi dengan cara meninggikan bagian belakangnya mirip kakaknya sang R15 ataupun saudaranya Xabre. Sebenarnya mudah sekali, karena kita tinggal mengganti connecting rod (disingkat : conrod) atau pangkon dengan yang ukurannya lebih pendek dari standarnya bawaan vixion. Bagi anda yang belum tahu part ini, ituloh yang bentuknya kaya bulan sabit di bawah shock belakang, bagian menghubungkan arm dengan linkframe ke monoshock.
baca juga :
efek, minus, dan kelemahan pakai kampas kopling honda GL di New Vixion
cara menghilangkan warna cat footstep racing / underbone yang mulai pudar
baca juga :
efek, minus, dan kelemahan pakai kampas kopling honda GL di New Vixion
cara menghilangkan warna cat footstep racing / underbone yang mulai pudar
Part yang satu ini banyak sekali dijual, ada yang berguna untuk memendekan dan ada juga yang untuk meninggikan. Serta ada juga yang memiliki kedua fungsi tersebut, nah yang satu ini biasanya memiliki 4 lubang sekaligus dalam satu conrod. Harga jual peninggi vixion variasi ini pun bervariasi, ada yang harganya dibawah 50 ribu ada juga yang diatas 100 ribu, semakin mahal ya mungkin akan semakin kuat karena bahannya pun berkualitas serta biasanya memiliki ketebalan yang lebih.
Namun yang kali ini akan saya bahas yaitu menggunakan conrod ori bawaan motor vixion itu sendiri yang dibor sekitar 1 cm dibawah lubang aslinya. Kenapa saya memilih conrod ori yang dibor? karena saya sering melihat postingan di facebook tepatnya di grup New Vixion Lightning Rider dan Yamaha Vixion Advance, ada beberapa pengendara yang mengalami conrod variasi patah.
Jadi saya rasa, lebih aman pakai conrod ori vixion ini karena bahannya sudah pasti terjamin. Lagian harga conrod ori vixion ini pun cuma 38 ribu , inden di bengkel resmi yamaha cuma 2 minggu. Ini dia hasil indent di Yamaha Flagship Shop Bandung.
Jadi saya rasa, lebih aman pakai conrod ori vixion ini karena bahannya sudah pasti terjamin. Lagian harga conrod ori vixion ini pun cuma 38 ribu , inden di bengkel resmi yamaha cuma 2 minggu. Ini dia hasil indent di Yamaha Flagship Shop Bandung.
Lihat juga modifikasi lainnya yang telah saya lakukan pada motor Vixion :
Adapun step by step cara meninggikan motor Vixion bagian belakang yaitu sebagai berikut :
1.Tahap pertama, buka dulu conrod dari motor. Setelah itu buat patokan lubang bulat untuk bor nantinya sekitar 1 cm dari atas. Disini saya pakai jarum pentul agar nantinya ketika akan di eksekusi kelihatan dan tidak pudar.
- Ganti headlamp milik NVA (Vixion Advance)
- Pasang undertail merk nemo
- Pasang spakbor belakang variasi ninja RR di undertail
- Pasang alarm remote merk BHT
- Pasang piringan cakram lebar variasi
- Ganti stang Byson
- Ganti mika bening stoplamp (lampu rem)
- Pasang cover engine Transformer
- Pasang tempat air minum pada stang
- Ganti footstep underbone
Adapun step by step cara meninggikan motor Vixion bagian belakang yaitu sebagai berikut :
1.Tahap pertama, buka dulu conrod dari motor. Setelah itu buat patokan lubang bulat untuk bor nantinya sekitar 1 cm dari atas. Disini saya pakai jarum pentul agar nantinya ketika akan di eksekusi kelihatan dan tidak pudar.
2. Bawa conrod ke bengkel bubut untuk dibor. Tunggu proses pengeboran sekitar kurang lebih sekitar 3 menit. Lalu bayar biayanya cuma 10 ribu
Pulang dan beres tinggal pasang ke lubang baru.
Namun setelah dipasangg dan ditest, ternyata sisa bagian atas conrod yang lubang lama itu sedikir mengesek bagian arm sehingga ketika shock belakang main terdengar suara gesekan. Solusinya potong bagian tersisa dengan gergaji besi dan ratakan dengan kikir seperti gambar dibawah ini.
Penampakan conrod peninggi shock belakang vixion hasil bor 1 cm setelah dipasang :
Efek dari meninggikan shock belakang vixion dengan merubah posisi lubang ini yaitu shock jadi agak keras ketika dipakai sendirian. Tapi ga keras keras amat sih, malah ketika dipakai buat boncengan enak banget karena stabil buat tikungan. Ini juga biasa jadi salah satu solusi bagi anda yang tidak mau shock belakang vixion terlalu empuk / . Oh iya, ada 3 hal yang harus diperhatikan setelah meninggikan bagian shock belakang vixion ini yaitu :
1. Ketegangan rantai jadi kendur. Solusinya ya kencangkan kembali
2. Bagian besi bawah knalpot yang ada karet penahan standar tengah jadi menyentuh arm, Solusinya dengan sedikit melengkungkan bagian yang bersentuhan menggunakan kunci inggris atau tang.
3. Standar tengah masih aman soalnya ban belakang pas menyentuh tanah, akan tetapi standar samping jadi miring banget. Untuk standar samping solusinya dengan membuat lubang (dibor) dibagian tengahnya dan tambahkan jalu seperti gambar dibawah ini.
Itulah sedikit tips / tutorial cara meninggikan shock belakang vixion. Jika dilihat - lihat, si vixi ini jadi lebih seksi juga ya dilihat dari belakang. Setelah ditinggikan begini mau pakai stang jepit maupun stang lebar seperti stang byson tetap sama kerennya.
baca juga : review pengunaan stang R15 di new vixion
baca juga : review pengunaan stang R15 di new vixion
Nah bagi anda yang butuh conrod original Vixion bisa kunjungi lapak saya ditokopedia dengan alamat : https://tokopedia.link/9IE452izyP
17 Komentar untuk "Cara Meninggikan Shock Belakang Vixion Yg Aman Anti Patah dan Ambles "
Bos, ane sudah mengikuti cara nya yang di share sama situ. Tapi pas mau masang lagi conrod nya lubang baut nya kurang pas sama besi yang di sasis motor nya, apa emang harus di lurus kan/di sesuaikan dulu posisi lubang conrod nya dengan cara di getok pakai besi kalo pengalaman saya dulu? Terimakasih bos
iya bro luruskan antara posisi lubang conrod sama lubang yang ke sasisnya. Pengalaman saya ga pake di getok pun langsung masuk tinggal geser naik turun saja arm nya.
Maaf om, kaya nya harus beli conrod ori baru kali ya. Mungkin gara gara yang saya pakai yang lama jadi udah rada melengkung jadinya udah gak balance lagi posisinya
misi gan mau tanya tingginya naik berpa senti gan
sekitar 6 - 7cm gan
Kang sumedangna di mana ? Abdi hyg pangajarkn kang, abdi ge ti sumedang
abdi ti wado. Gampil kang nu kieu mah, kantun berani bongkar haha
which is the measure in standard mm of the rod in the r15
Kalo di bor dari lubang asli geser 1,5 cm apakah bisa bang ?
Bisa, cuma nanti tinggi banget dan shock jadi keras banget kaga main
Kak kalo pakai conrod R15 naik pa turun....
Sama saja, tinggi conrod r15 dan vixion sama. R15 tinggi karena rangka dan swing arm nya
Kalau dibor 0,75 dari lubang gimana gan
Bisa gan, knapa ga 1 cm aja nanggung amat hehe
Bos.. Kemarin aku beli conrod yang ada lubangnya 4.. Trus yang tak pake lobang yang bagian dalem dua2nya.. Terus kalau di pake boncengan bunyi "ENGKIK2"..
Itu kenapa bos???
Kemungkinan lubang bagian luarnya itu menyentuh bagian arm
Bos sya sudah coba dan vixi sya juga udah tinggi, tpi kok rntainya bunyi ckret2 gtu ya, hrus di kendorkn tpi klo trlalu kndor mlh mngenai standar tngah,mhon solusi nya bro
Posting Komentar